Kecamatan Biringkanaya Gelar Pembinaan RT/RW

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Pemerintah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar menggelar kegiatan pembinaan RT/RW, yang diikuti para ketua RT dan RW di Aula Kantor Kecamatan Biringkanaya, Selasa (08/05/2018).

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Biringkanaya H. A. Dudi Pamadeng saat membuka kegiatan menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kecamatan Biringkanaya, sebagai wujud tanggung jawab Pemerintah melakukan pembinaan bagi RT/RW yang ada di wilayah Kecamatan Biringkanaya.

Dalam kegiatan ini hadir Kasubag Pemerintahan Kecamatan Kelurahan bagian Sekretaris Daerah Kota Makassar Patahillah, Ap, M.Si sebagai pemateri yang membawakan materi 9 Indikator kinerja RT/RW. Patahillah menyebutkan bahwa penerapan 9 indikator kinerja RT/RW yang diberlakukan di kota Makassar, sebagai landasan untuk pemberian insentif kepada ketua RT/RW, pada dasarnya berfungsi untuk memotivasi para ketua RT/RW agar dapat bekerja lebih baik lagi.

Indikator penilaian tersebut berdasarkan Permendagri No. 5 tahun 2007 tentang pedoman penataan kelembagaan pasal 14 dan 15, dan 9 indikator dimaksud yaitu Lorong garden (Longgar), Makassarta Tidak Rantasa (MTR), Bank Sampah, Retribusi Sampah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Sombere, Smart City, Adminstrasi RT/RW, dan Control Sosial Activity.

“Ke depan semua kegiatan yang termasuk dalam 9 indikator kinerja RT/RW, wajib dilaporkan melalui aplikasi smart RT/RW yang ada dalam smart phone masing-masing, dengan begitu setiap ketua RT/RW harus bisa menulis laporan secara singkat, padat, lengkap dan jelas,” Ujar Patahillah. (**)