Jubir Ungkap Program NH-Aziz Paling Relevan Tema Debat Ketiga

LIPUTAN8.COM — Empat pasangan calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Sulsel kembali akan beradu gagasan lewat debat kandidat, Rabu (9/5/2018).

Dalam debat pemungkas ini, masing-masing pasangan calon akan berdebat terkait tema “Penguatan kearifan lokal yang memperkokoh ideologi bangsa dan NKRI”.

Juru Bicara pasangan calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), Andi Sri Kumala Putri menegaskan pasangan ini telah matang menghadapi debat ketiga. Kesiapan ini tak terlepas dari penyusunan program dan visi-misi yang relevan dengan kondisi Sulsel di era saat ini.

“Seperti pada dua debat sebelumnya, di tema debat ketiga ini selaras dengan program NH-Aziz. Kan Trikarya Pembangunan yang dicanangkan NH-Aziz, salah satunya ialah pembangunan SDM berbasis kearifan lokal,” tuturnya, Selasa (8/5).

Trikarya Pembangunan merupakan konsep pembangunan NH-Aziz. Selain kearifan lokal, pembangunan yang hendak diwujudkan NH-Aziz bertumpu pada infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

Mala menjelaskan, perlunya integrasi nilai kearifan lokal dalam aspek pembangunan memang dilihat NH-Aziz sebagai hal penting. Terlebih, berhamburannya informasi baik dan buruk hingga melebur ke dalam tatanan kehidupan masyarakat Sulsel.

“Apalagi sekarang ini masuknya berbagai  teknologi dan berbagai masalah sosial yang dihadapi masyarakat membuat sebagian besar masyarakat meninggalkan kearifan lokal yang telah diturunkan secara turun temurun,” bebernya.

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia ini pun menekankan, gagasan NH-Aziz untuk penerapan nilai kearifan lokal dalam pemerintahan dan pembangunan telah menjadi komitmen utama.

Kata Mala, NH-Aziz ingin mewujudkan Sulawesi Selatan yang maju dan mampu bersaing, tetapi tetap tidak meninggalkan nilai dan kultur budaya.

“Termasuk, sosok Pak NH dan Ustad Aziz ini memang begitu menjunjung falsafah Bugis, yaitu sipakatau, sipakainga, dan sipakalebbi,” tandasnya. (**)