Kembangkan UMKM, Pemkot Makassar Perluas Kolaborasi dengan Swasta

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar membuka ruang kolaborasi bagi perusahaan swasta yang ingin bersinergi mendorong pengembangan pelaku UMKM bidang kuliner di kota tersebut.

Plt Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengemukakan langkah tersebut dimaksudkan agar seluruh rangkaian pengembangan UMKM bidang kuliner bisa lebih terkonsolidasi sehingga mendorong percepatan ekosistem sektor tersebut.

Menurut dia, kolaborasi yang berjalan sejauh ini masih relatif terbatas dan hanya bersifat segmentif serta pelaksanaan yang masih dalam skala kecil.

“Kolaborasi yang lebih luas sangat dibutuhkan, kami membuka ruang untuk itu. Apalagi kuliner ini memiliki multiplier effect, bisa UMKM dan juga ke sektor pariwisata,” kata Deng Ical, sapaan Syamsu Rizal, Minggu (6/5/2018).

Pemerintah kota, kata dia sebenarnya telah banyak menggelar program yang bernuansa kuliner lokal sebagai upaya menjadikan Makassar destinasi wisata kuliner di Tanah Air.

Langkah tersebut dimaksudkan pula untuk mendorong pelaku UMKM bidang kuliner sebagai subsektor industri kreatif bisa meningkatkan skala usaha.

Ruang kolaborasi dengan pemerintah kota, kata Deng Ical diharapkan menjadi instrumen strategis agar seluruh stakholder bisa bersama-sama memajukan industri kuliner di kota tersebut.

“Apalagi kuliner ini sangat kuat potensinya di Makassar, bersama dengan film dan fashion yang masuk dalam kategori industri kreatif. Kami membuka ruang bagi swasta untuk berkolaborasi, bersinergi,” ujarnya. (**)