Tokoh Toraja: Syarat Kepemimpinan Ada di IYL-Cakka

LIPUTAN8.COM — Duet Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dinilai sebagai pasangan paling tepat melanjutkan kemajuan Sulsel yang dicapai Syahrul Yasin Limpo selama ini.

Selain satu-satunya pasangan yang sama-sama punya pengalaman sebagai bupati, rekam jejak kepemimpinannya juga berpihak ke rakyat. Bukan piawai membohongi rakyat lewat pencitraan.

Begitu juga, komitmennya memberantas korupsi tak perlu diragukan. 10 tahun memimpin daerah, keduanya tak pernah tersandung kasus korupsi atau mempermalukan warga Sulsel.

Alasan itu pula melatarbelakangi keluarga besar Tongkonan Bara’ba, Toraja untuk mendukung pasangan usungan koalisi rakyat ini. Mereka menilai, dari empat pasangan, IYL-Cakka yang paling memenuhi syarat.

Hal ini diungkapkan Pendeta Andi Israel saat menjamu Ichsan Yasin Limpo di Tongkonan Bara’ba, Toraja Utara, Kamis (3/5/2018).

“Pemimpin itu dibutuhkan orang yang cakap. Cakap dalam artian berpendidikan, cakap berasal dari keluarga yang baik-baik,” kata Pendeta Andi Israel saat menyampaikan testimoninya di depan keluarga besarnya.

Dia mengurai, Ichsan YL adalah mantan Bupati dua periode di Gowa, sementara Cakka adalah Bupati dua periode di Luwu. Fakta yang bicara, dari dua daerah yang dipimpin selama 10 tahun, menurut Pendeta Andi Israel sama-sama aman.

“Maka mari tetapkan hatimu, nomor 4 pilihan yang tepat. tuturnya.

Tidak hanya itu saja, pasangan nomor urut 4 ini sudah banyak meraih penghargaan dan karya. Bukan penghargaan mengoleksi status “terpidana” korupsi. Begitupun tidak melakukan pencitraan berlebihan.

“Jadi bukan dinasty yang dibangun, tapi memang pengalaman dan kemampuan yang dibangun. Memimpin negeri ini butuh orang yang cakap. Butuh orang yang berpengalaman dan butuh orang yang baik-baik,” tuturnya.

“Kami titip harapan dari keluarga besar ini. Ketika kakanda terpilih atas kehendak Tuhan, jadikanlah daerah yang kakak pimpin menjadi daerah yang bermartabat,” tandasnya.  (**)