Jadikan Anak di Bawah Umur Sebagai Kurir, Polisi Lumpuhkan Bandar di Pinrang

LIPUTAN8.COM , Pinrang – Satuan Reserse Narkoba Polres Pinrang melumpuhkan seorang bandar narkoba yang mempekerjakan anak dibawa umur sebagai kurir sabu.

Pelaku yang dilumpuhkan adalah, Rudi bin Saika (26), warga Kampung Lisse Selatan, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Sementara anak yang dipekerjakan berinisial YD (14) yang masih duduk di bangku SMP.

Kapolres Pinrang AKBP Adhi Purboyo mengatakan penangkapan terhadap pelaku berdasarkan adanya informasi masyarakat terkait peredaran narkoba di Jalan Boki Kampung Tiroang, Kecamatan Tiroang, Kabupaten Pinrang.

Selanjutnya, anggota langsung melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus kurir sabu, YD yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tanggal 28 April 2018 lalu.

“Anggota menyamar sebagai pembeli sehingga meringkus YD, kemudian saat diinterogasi ia mengaku barang haram tersebut adalah milik pelaku Rudi,” kata Adhi Purboyo saat dikonfirmasi, Kamis (3/5/2018) sesaat lalu.

Atas pengakuan anak SMP tersebut, kata Adhi, anggota langsung melakukan pengejaran terhadap Rudi, dan beruntung tak lama kemudian berhasil meringkus Rudi di jalan poros Pinrang dan Rappang yang sedang mengendarai sepeda motor.

Saat akan dilakukan penangkapan bandar narkoba ini berusaha untuk melarikan diri sehingga anggota langsung memberikan tembakan peringatan dengan tembakan ke udara sebanyak tiga kali namun tidak diindahkan dan terpaksa dilumpuhkan.

“Tersangka berusaha kabur dan tidak mengindahkan tembakan peringatan sehingga dilumpuhkan dengan tembakan mengarah ke betis kirinya dan kemudian dibawa ke Rumah Sakit untuk dilakukan perawatan medis,” terangnya.

Bandar narkoba beserta kurirnya ini telah diamankan di Mapolres Pinrang untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Adapun barang bukti yang diamankan berupa satu sachet sabu dan Handphone.(Bur)