Warga Laikang Kerja Bakti dan Tanam Pohon di Perumnas

LIPUTAN8.COM — Seratusan warga Kelurahan Laikang Kecamatan Biringkanaya, Makassar kembali turun melaksanakan kerja bakti, Sabtu (28/4/2018) pagi.

Rutinitas tersebut dikoordidir oleh Lurah Laikang Sitti Fatima,SE, diikuti para Ketua RT RW se Kelurahan Laikang, LPM, Binmas dan Babinsa, serta beberapa elemen masyarakat lainnya.

Kerja bakti yang digelar mulai Pukul 07.00 Wita dilaksanakan di kawasan pekuburan Sudiang. Mereka bergotong royong membersihkan sampah, dan memangkas rumput/ilalang yang tumbuh subur di sekitar kuburan Sudiang.

IMG-20180428-WA0077

Sejumlah personil satgas kebersihan dan armada sampah kelurahan Laikang dikerahkan full untuk “Menyapu Bersih” semua sampah hasil kerka bakti.

Setelah kerja bakti di kuburan, mereka kemudian lanjut menanam puluhan bibit pohon di poros Perumnas Sudiang Laikang.

Ada beberapa jenis bibit pohon bantuan dari Bidang RTH Dinas Lingkungan Hidup (DLH), diantaranya adalah pohon Ketapang dan Mahoni.

“Alhamdulillah, sampai hari ini kami tetap konsisten dengan kegiatan Sabtu bersih (Kerja Bakti). Semua RT RW, dan seluruh elemen masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan ini,” kata Lurah Laikang Sitti Fatima disela-sela kerja bakti, Sabtu pagi tadi.

Menurut Ima sapaan akrabnya, kerja bakti ini juga sebagai rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 dengan melakukan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

“Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018, bukan saja tanggung jawab pemerintah, akan tetapi memerlukan dukungan dan partisipasi secara aktif dan nyata dari seluruh elemen masyarakat, termasuk dalam rangka menciptakan Kelurahan Laikang yang terbaik, unggul nyaman dan religi,” ujarnya.

Ima berharap, agar kegiatan bersih lingkungan, bukan hanya dijadikan kegiatan semata, namun juga dapat memberikan kesadaran dan motivasi kepada seluruh masyarakat di Laikang.

“Semoga kegiatan ini, lebih memberikan semangat bagi kita, untuk semakin peduli dengan pentingnya kebersihan lingkungan,” tambahnya. (fik)