Video Oknum Polisi Tembak Pemuda di Makassar, Ini Penjelasan Polda Sulsel

Oknum Polisi tembak pemuda berkaos Hitam, Hebohkan warga manuruki

LIPUTAN8.COM, Makassar –  Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel ) angkat bicara terkait rekaman video berdurasi 24 detik yang ramai diperbincangkan di media sosial menayangkan aksi oknum polisi yang melakukan penembakan terhadap salah satu warga di Kota Makassar.

Dari keterangan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, oknum polisi tersebut bernama Bripka Andi Rahmat Jaya, personel Subdit Pam Obvit Polda Sulsel yang saat itu sedang melakukan pengawalan uang.

Dari hasil keterangan personel tersebut membenarkan kejadian pada hari Selasa 24 April 2018 sekitar pukul 14.00 wita di sekitar jalan Mannuruki Makassar.

Bripka Andi Rahmat jaya Ba. Subdit Pam obvit Polda Sulsel sementara melaksanakan tugas pengawalan uang ATM milik Bank BNI Makassar berteman 3 karyawan dari Bank tersebut.

“Pada saat akan melakukan pengisian uang pada mesin outomotif teler pada atm tiba – tiba menemukan 2 orang yang diduga sementara melakukan transaksi zat narkoba jenis sabu – sabu pada sekitar lokasi,” ungkap Dicky, Jumat (27/4/2018).

Melihat dugaan transaksi tersebut, Bripka Andi Rahmat Jaya bersama warga setempat berusaha untuk mengamankan akan tetapi salah seorang pelaku yang hendak di amankan berusaha melakukan perlawanan dengan cara mendorong keras dada Bripka Andi Rahmat jaya ke arah belakang yang membuat warga yang berada lokasi akan melakukan tindakan anarkis kepada pelaku.

Bripka Andi Rahmat Jaya, personel Subdit Pam Obvit Polda Sulsel, saat memperlihatkan barang bukti sabu usai menembak pemuda di depan Apotik K. 24 Mannuruki, Kecamatan Tamalate Kota Makassar.  (Ist)
Bripka Andi Rahmat Jaya, personel Subdit Pam Obvit Polda Sulsel, saat memperlihatkan barang bukti sabu usai menembak pemuda di depan Apotik K. 24 Mannuruki, Kecamatan Tamalate Kota Makassar. (Ist)

Pelaku tersebut berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan dengan cara mendorong dada Bripka Andi rahmat jaya ke arah belakang yang berakibat membahayakan keselamatan personel.

“Dengan adanya usaha perlawanan dan berusaha kabur melarikan diri  selanjutnya dilakukan tembakan peringatan ke bawah sebelah kiri dari pelaku yang melakukan transaksi zat narkoba yang mengakibatkan pelaku tersebut mengalami luka lecet yang kemudian berhasil di amankan 1 (satu) paket sachet jenis sabu- sabu,” tambahnya.

Bripka Andi rahmat jaya selanjutnya membawa lelaki yang diduga lakukan transaksi penjualan zat narkoba jenis sabu yang diketahui bernama Ashar beserta barang bukti yang ada ke Posko Resmob Dit Reskrimum Polda Sulsel jalan Hertasning Makassar guna di amankan sementara.

“Pelaku telah diamankan di Dit Narkoba Polda Sulsel guna penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut,” jelas Dicky Sondani.(Bur)