Makassar Peringkat Dua Nasional EKPPD dari Dirjen Otonomi Daerah

LIPUTAN8.COM — Pemerintah Kota Makassar meraih prestasi terbaik kedua tingkat nasional dari hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah (EKPPD). Hasil ini kembali mencatatkan dalam sederetan prestasi terbaik di level nasional.

Torehan ini diumumkan Dirjen Otonomi Daerah Soni Sumarsono pada malam apresiasi kinerja pemerintahan daerah di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Pengumuman ini bertepatan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah. Hari ini, otoda genap berusia 22 tahun.

“Ini prestasi tertinggi dan komprehensif karena dilakukan pada 700 indikator dalam waktu enam bulan. Penilaian bukan cuma oleh Kemendagri tapi bersama BPKP dan instansi terkait,” terang Penjabat Gubernur Sulsel ini.

Soni yang menyebut satu per satu daerah yang masuk tiga besar untuk provinsi dan sepuluh besar untuk kabupaten dan kota ini meminta kepala daerahnya untuk berdiri. Saat giliran Kota Makassar, Pelaksana Tugas Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI pun berdiri. “Terima kasih Deng Ical!,” ujar Soni Sumarsono.

Selain Kota Makassar, Kota Parepare juga masuk kategori sepuluh terbaik se-Indonesia. Parepare berada di peringkat ke-10.

Untuk Kabupaten, dua daerah di Sulsel juga masuk kategori sepuluh besar. Dua kabupaten tersebut adalah Bulukumba dan Bone masing-masing peringkat sembilan dan sepuluh.

Daerah yang berhasil mempertahankan prestasi terbaik dalam tiga tahun berturut-turut diusulkan untuk mendapatkan penghargaan tertinggi Sam Karya Purnakarya Nugraha. Prestasi tertinggi ini sudah diraih Kabupaten Pinrang sebagai satu-satunya di Sulsel tahun lalu. (**)