Kader PKK Mariso Dilatih Mendaur Ulang Sampah

LIPUTAN8.COM — Puluhan kader TP PKK Kecamatan Mariso, Makassar, antusias mengikuti pelatihan daur ulang sampah ekonomis, di Aula Kantor Kecamatan Mariso, Kamis (19/4/2018).

Kegiatan daur ulang sampah ini dimaksudkan agar sampah yang kurang berguna bisa dimanfaatkan dan menjadi barang bernilai ekonomis.

“Pelatihan ini memberikan keterampilan dan menciptakan pemberdayaan masyarakat mandiri,” kata Sekcam Mariso Juliaman usai membuka pelatihan daur ulang sampah di Aula Kantor Kecamatan Mariso, Kamis (19/4/2018).

Ia mengatakan pelatihan daur
ulang sampah ini memberikan  keterampilan dan pengetahuan kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Artinya, sampah yang dulunya menjadi momok bagi masyarakat, kini bisa menjadi sahabat  baik bagi warga, bahkan mampu memberikan nilai lebih bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Selain itu kader PKK di kecamatan Mariso bisa berkreasi serta memiliki keterampilan yang menjadi bekal bagi ibu rumah tangga khususnya.

Hasil daur ulang sampah di Mariso yang sudah memiliki Bank Sampah sendiri, banyak menerima pesanan dari daerah lain seperti dari Gowa, dan beberapa dari Kota Makassar. Mereka telah memesan beberapa jenis hasil anyaman daur ulang sampah diantaranya Table set.

“Untuk membuat pesanan ini, kita masih terkendala bahan baku sampah plastik.  Sehingga kita sangat mengharapkan partisipasi masyarakat untuk menukarkan atau mensedekahkan sampah plastiknya untuk didaur ulang,” ucapnya.

Juliaman mengajak masyarakat yang ingin mendalami kerajinan daur ulang sampah, PKK Mariso membuka pelatihan. Pihaknya siap berbagai ilmu. Pelatihan daur ulang sampah  meliputi, cara gunting, lipat, dan jahit, sehingga sampah menjadi produk bernilai tinggi.

“Semakin banyak masyarakat yang bisa, maka kepedulian terhadap sampah di kecamatan Mariso semakin tinggi,” ujarnya. (bas)