Pakar Pemerintahan: ASN Harus Punya Integritas

LIPUTAN8.COM — Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar mengikuti temu wicara ASN di Aula Lantai 3 Kantor Kecamatan Tamalanrea, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Selasa (17/4/2018).

Kegiatan yang bertajuk “Mengapa Aparatur Sipil Negara Harus Memberikan Pelayanan Terbaik pada Masyarakat?” dibuka oleh Camat Tamalanrea diwakili Sekcam Muhammad Rheza,S.STP MSi.

Temu wicara ASN ini menghadirkan dua narasumber, masing-masing Prof. DR H Paisal Halim,M.HUM dan Prof. DR Hj Syamsiah Badruddin,MSi (Guru Besar Institut STIAMI Jakarta).

Dalam materinya, Prof Paisal Halim menyampaikan bahwa, semua pejabat ASN harus memiliki integritas dan kompetensi tinggi.

Integritas itu adalah soal kejujuran dan konsistensi karakter pegawai. Integritas dalam wilayah individu adalah kesatuan sikap mental, pikiran, tindakan yang selaras dengan nilai-nilai baik.

“Kepemerintahan yang baik bersumber dari adanya aparatur yang berintegritas. Jika ASN memegang teguh integritas itu, yakin dan percaya akan menciptakan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara kompetensi, lanjutnya, akan sangat terkait dengan kualitas pelayanan yang diberikan kepada publik. Kompetensi merupakan segala aspek pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan yang ada dalam tiap kepribadian.

“Tiap-tiap individu harus punya konsep diri, bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, untuk itu upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan harus terus dilakukan,” cetusnya.

Prof Paisal berharap agar ASN di kecamatan Tamalanrea ini terus meningkatkan kompetensi. Agar Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang diamanatkan dalam UU ASN dapat terealisasi sesuai dengan tupoksi dan program yang direncanakan dalam SKP. (bas)