DPU Makassar Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Bidang Kelistrikan

LIPUTAN8.COM — Untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas, handal dan profesional, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melaksanakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Tenaga Terampil Konstruksi Bidang Kelistrikan.

Pelatihan dan Uji Kompetensi ini dilaksanakan selama 4 hari, 16-19 April 2018 di Hotel Ramayana, Jl Urip Sumiharjo Makassar. Kegiatan tersebut diikuti 100 peserta, dari staf pegawai lingkup DPU Kota Makassar.

Pemateri kegiatan terdiri dari Widyaswara Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Makassar, serta instruktur dan assesor dari LPJK Sulsel.

IMG-20180416-WA0139

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Ir M Ansar, MSi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan pemahaman SDM aparatur dalam lingkup DPU Makassar khususnya di bidang kelistrikan, yang erat kaitannya dalam melaksanakan kegiatan sehari hari.

Sehingga melalui pemahaman ini, diharapkan seluruh peserta nantinya mampu menjalankan tupoksinya masing-masing sesuai koridor dan kaedah-kaedah yang berlaku, serta meminimalisir kecelakaan kerja.

Ada beberapa materi yang disajikan dalam kegiatan ini, diantaranya adalah peranan penting sertifikasi dalam dunia konstruksi, materi instalasi listrik jaringan tegangan rendah, serta dilanjutkan uji kompetensi.

“Kita berharap semua peserta bisa memahami bahwa instalasi listrik harus memenuhi 5 prinsip, yaitu keamanan, keandalan, kemudahan tercapai, ketersediaan dan ekonomis,” jelas Kadis PU Makassar, M Ansar.

“Prinsip dasar instalasi listrik yang paling utama adalah keamanan (Saftey). Sehingga setiap tenaga kerja yang bergelut dalam bidang kelistrikan wajib memiliki kompetensi, yang dibutuhkan dengan adanya sertifikat kompetensi,” terangnya. (rls)