Dinas Damkar Gelar Penyuluhan dan Simulasi Penanganan Kebakaran di Manuruki

LIPUTAN8.COM — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar kembali memberikan penyuluhan dan simulasi penanganan bahaya kebakaran di kelurahan Manuruki kecamatan Tamalate, Selasa (17/4/2018) siang.

Penyuluhan dan simulasi yang dibuka oleh Lurah Manuruki, diikuti sejumlah warga dari berbagai elemen masyarakat setempat.

Hadir sebagai pemateri Kabid Operasional Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin,S.STP. Beberapa personil Damkar lainnya turut membantu dalam simulasi di lapangan.

FB_IMG_1523950562209

Kabid Ops Hasanuddin mengatakan kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat khususnya yang ada di kelurahan Mannuruki kecamatan Tamalate terkait pencegahan dini dan penanggulangan kebakaran.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat untuk melakukan pencegahan dini bahaya kebakaran. Kita ingin masyarakat tahu bahwa Damkar tidak hanya bekerja saat terjadi musibah kebakaran saja, tetapi juga aktif dalam memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai cara mencegah terjadinya kebakaran,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan respon masyarakat dalam mengikuti penyuluhan dan simulasi tersebut cukup baik.

“Saat ini kami lebih menekankan pada upaya pencegahan sehingga dengan adanya kegiatan ini kami harapkan mampu memberikan wawasan yang baik kepada masyarakat terkait upaya pencegahan dini bahaya kebakaran karena tak ada satu pun tempat yang aman dari bahaya kebakaran bahkan penyebab timbulnya kebakaran bisa saja dari hal yang tidak kita duga sebelumnya,” jelasnya.

“Kami tidak hanya memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana mencegah terjadinya kebakaran tetapi kami juga memberikan pengetahuan apa saja karakter dari bahan bakar maupun bahan peledak yang dapat menimbulkan terjadinya kebakaran serta bagaimana cara pengendaliannya termasuk cara menggunakan apar,” tukasnya. (bas)