Aset Abu Tours yang Disita Polda Sulsel Capai Rp 150 Milyar

LIPUTAN8.COM, Makassar – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan terus mengusut kasus penipuan dan penggelapan serta tindak pidana pencucian uang oleh CEO Biro Perjalanan Haji dan Umrah PT Abu Tours Abu Tours.

Dalam mengusut pencucian uang CEO Abu Tours ini, penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel melakukan penyitaan satu persatu aset milik tersangka Hamzah Mamba baik yang ada di Sulawesi Selatan maupun di luar Sulawesi Selatan.

“Sampai hari ini, aset Bos Abu Tours yang di sita oleh penyidik diduga telah mencapai Rp 150 Milyar,” kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Kamis (12/4/2018) sesaat lalu.

Dicky menjelaskan bahwa barang bukti atau aset Abu Tours yang telah di sita oleh Ditreskrimsus Polda Sulsel yaitu berupa aset tidak bergerak berjumlah 21, masing-masing 17 di Kota Makassar, 2 Jakarta dan 2 Depok.

Sementara, untuk aset bergerak yang telah dilakukan penyitaan sebanyak 34 unit, masing-masing 16 mobil dan 4 motor di Kota Makassar, 13 mobil di Jakarta dan satu mobil di Palembang.

Untuk barang elektronik sendiri, yang dilakukan penyitaan sebanyak 33 unit, masing-masing 24 komputer dan tiga laptop di Kota Makassar dan untuk Jakarta sendiri berupa dua komputer dan empat kamera.

“Saat ini, kita terus menelusuri aset aset Abu Tours karena kita yakin masih banyak hasil kejahatan Hamzah Mamba yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kasus yang melilit Biro Perjalanan Haji dan Umrah PT Amanah Bersama Ummat (Abu) Tours, telah melakukan penipuan umrah terhadap jamaah sebanyak sebanyak 86.720 jamaah yang sebelumnya mendaftar yang menyebabkan kerugian mencapai Rp 1,8 Triliun. (Bur)