Terjebak Asap Kebakaran, Petugas Damkar Dilarikan ke Rumah Sakit

LIPUTAN8.COM — Kebakaran yang melanda pemukiman warga RT 06 dan RT 07/RW 02, Lorong 1, Jalan dr Sam Ratulangi, Kecamatan Mamajang, Selasa (10/4/2018) siang, tidak hanya menghanguskan sedikitnya 19 unit rumah warga.

Dikabarkan salah seorang petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Makassar harus dilarikan ke rumah sakit.

Rahma Kurran diketahui terjebak asap kebakaran yang mengakibatkan dirinya nyaris kehabisan nafas saat memadamkan api bersama rekannya dari Posko Timur Disdamkar Makassar. Dia terpaksa dilarikan ke RSUD Sulsel, Labuang Baji.

Menurut Kepala Bidang Operasi Damkar Makassar, Hasanuddin, Rahman bersama personel lain saat itu mencoba memadamkan kobaran api dengan masuk ke dalam salah satu rumah berlantai, dekat titik api.

Namun saat proses penyiraman, api dan asap mendadak bebelok arah ke petugas pemadam lantaran dorongan angin.

“Karena terjadi perubahan angin beberapa kali,  terjadilah api dalam kondisi backdrop atau  berlawanan arah yang diselimuti asap tebal. Akibatnya salah satu anggota kami terjebak dan harus dievakuasi. Kondisinya sudah membaik dan sudah persiapan jaga kembali setelah dirawat di RS Labuang Baji,” jelas Hasanuddin.

Lebih lanjut dijelaskan, api pertama kali terlihat menjilati atap rumah salah satu warga sekira pukul 14.40 Wita. Akibat angin kencang, api tak terkendali menjalar ke rumah warga lainnya. Sebanyak 31 unit armada Damkar Makassar pun dikerahkan.

Hingga kebakaran benar-benar dikendalian sekira pukul 17.45 Wita, sebanyak 19 rumah dilaporkan hangus serbakar.

“Diperkirakan sementara kebakaran berawal dari kompor gas di rumah warga. Akibat kejadian itu sebanyak 19 rumah terbakar, dengan korban 37 kepala keluarga,” jelas Hasanuddin. (**)