Setelah Abu Tours, Polda Sulsel Kembali Tersangkakan Bos Travel Bodong di Makassar

LIPUTAN8.COM, Makassar – Setelah kasus Biro Perjalanan haji dan umrah PT Abu Tours yang melakukan tindak penipuan dan pencucian uang terhadap ribuan jamaah, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan kembali berhasil mengungkap kasus travel bodong yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, travel tersebut adalah PT. Global Inspira Indonesia yang tidak mengantongi izin operasional dari Kementerian Agama untuk menghimpun dan atau merekrut jamaah haji dan umrah.

“PT Global Inspira Indonesia tidak dilengkapi dengan ijin dari Kementerian Agama untuk menghimpun dan atau merekrut jamaah haji dan umrah,” ungkap Dicky Sondani, Selasa (10/4/2018).

Dicky menambahkan, bahwa PT Global Inspira Indonesia pertama kali didirikan pada bulan Nopember 2010 lalu. Awalnya, Travel bodong ini hanya bergerak dalam tour Domestik atau Internasional namun berjalannya seiring waktu juga membuka pelayanan ibadah umrah serta haji.

Kasus penipuan dan pengungkapan ini mulai terungkap, kata Dicky, adanya laporan polisi 12 Oktober 2017 lalu. Kemudian anggota melakukan penyelidikan dan menetapkan keduanya sebagai tersangka.

Mereka yang ditetapkan sebagai tersangka adalah, pemilik sekaligus Komisaris Utama PT. Global Inspira Indonesia, Muh Edwin Djabbar dan Mahditiara Syafruddin alias Tiara bin Safruddin.

“Mereka dijerat dalam pasal 378 subs pasal 372 Jo pasal 55 ayat 1 dengan ancaman penjara 4 tahun,” tambahnya. (Bur)