Lurah Kapasa Buka Loka Karya Mini Lintas Sektoral

LIPUTAN8.COM — Puskesmas Kapasa Kelurahan Kapasa Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar menyelenggarakan Lokakarya Mini dan Pertemuan Lintas Sektor di Aula Puskesmas Kapasa, Kompleks BTN Purn.TNI AL, Jalan Biring Romang, Makassar, Kamis (29/3/2018).

Lokakarya tersebut dibuka oleh Lurah Kapasa H Zainuddin didampingi Lurah Kapasa Raya Abu Bakar, dan Kepala Puskesmas Kapasa, dr Muh Gisman.

Turtu hadir dalam kegiatan itu, beberapa staf Puskesmas Kapasa, Kantor Kelurahan Kapasa, Anggota Polsek dan Koramil Tamalanrea diwakili masing-masing Binmas dan Banbinsa, para Ketua RT RW, kader PKK Kapasa, serta beberapa elemen masyarakat lainnya.

IMG-20180329-WA0087

Dalam sambutannya, Lurah Kapasa H Zainuddin menyampaikan bahwa lokakarya mini tribulanan ini untuk membahas permasalahan yang ada di Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) atau Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan lintas sektor serta masukan dalam rangka meningkatkan pelayanan.

Pesan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) ada 5 juga disampaikan yakni CERDIK: Cek kesehatan secara rutin; Enyahkan asap rokok; Rajin aktivitas fisik; Diet seimbang; Istirahat cukup; dan Kelola stress.

Lokmin linsek ini dilakukan empat kali dalam setahun. Kemudian dilanjutkan penyampaian visi, misi, tata nilai, motto, jenis layanan puskesmas serta evaluasi kegiatan bulan Januari-Maret 2018.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab beserta masukan-masukan dari lintas sektor. Dari peserta yang hadir, 65 peserta baik dari lintas sektor dan lintas program paham mengenai peran masing-masing dalam rangka mendukung capaian program puskesmas.

“Masing-masing pemegang program berkomitmen untuk melaksanakan tugas yang menjadi tanggungjawabnya sesuai RPK demi terwujudnya visi dan misi Puskesmas Kapasa,” kata H Zainuddin. (hms)