Imigrasi Makassar Bentuk Timpora Untuk WNA

LIPUTAN8.COM, Makassar – Kantor Imigrasi Klas I Makassar melakukan rapat koordinasi dan membentuk Tim pengawasan orang asing (Timpora) di Ballroom Phinisi 2 Grand Clarion Hotel di Jalan AP. Pettarani Kota Makassar, Kamis (29/3/2018) pagi.

Pembentukan tim pengawasan ini diikuti beberapa daerah di Sulawesi Selatan diantaranya, Kota Makassar, Kabupaten Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kepala Kantor Wilayah Imigrasi Klas I Makassar, Pallawarukka mengatakan, koordinasi dan pembentukan Timpora ini dilakukan untuk melakukan pengawasan untuk orang asing yang berada di Kota ataupun di Kabupaten.

“Pembentukan ini agar TiM menjadi wadah komunikasi antar pejabat pemerintah tingkat Kabupaten Kota untuk melakukan pengawasan atas keberadaan orang asing di setiap Kabupaten Kota,” kata Pallawarukka.

Sementara, Sekertaris Pemerintah Kota Makassar, Baso Amiruddin, yang dipercaya membuka acara tersebut mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya untuk melakukan pengawasan orang asing di daerah. Hal itu dilakukan untuk mencegah human traficking dan kegiatan lainnya WNA ini.

“Apresiasi dan dukungan sepenuhnya terhadap pembentukan tim ini, karena WNA banyak yang berada di Makassar maupun di Kabupaten sehingga kita wajib melakukan pengawasan atas segala aktivitasnya,” ungkapnya.

Dalam acara ini, dihadiri langsung Timpora setiap Kabupaten Kota. Selain itu dilakukan pengukuhan tim yang di wakili oleh Kesbangpol kabupaten masing-masing. Kemudian dilantik langsung oleh Sekertaris Pemerintah Kota Makassar, Baso Amiruddin. (Bur)