DLH Kordinasi Pengembangan RTH di Tamalanrea

LIPUTAN8.COM — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar melakukan kordinasi pengembangan ruang terbuka hijau (RTH) di Aula Kantor Kecamatan Tamalanrea, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Selasa (27/3/2018).

Kegiatan tersebut dibuka Camat Tamalanrea diwakili oleh Kepala Seksi Kebersihan Kecamatan Tamalanrea, Drs H Abdullah.

IMG-20180327-WA0057

Kordinasi pengembangan RTH ini dihadiri para Lurah dan sejumlah staf kantor kecamatan Tamalanrea.

Hadir sebagai narasumber, Kasi Pengendalian dan Kemitraan RTH DLH Makassar, Novi Narilla,SP MSi.

Dalam materinya, Novi Narillah menjelaskan bahwa RTH merupakan bagian penting dari struktur pembentuk kota yang memiliki fungsi utama sebagai fungsi ekologis, terutama sebagai penghasil oksigen dan sebagai kawasan resapan air.

“Dalam UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang ditetapkan luas RTH minimal yang harus disediakan oleh suatu kota adalah sebesar 30% dari luas wilayah,” jelas Novi.

Dia menjelaskan, RTH sebagai infrastruktur hijau perkotaan adalah bagian dari ruang-ruang terbuka (open spaces) suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh tumbuhan, tanaman, dan vegetasi (endemik, introduksi) guna mendukung manfaat langsung dan/atau tidak langsung yang dihasilkan oleh RTH dalam kota tersebut yaitu keamanan, kenyamanan, kesejahteraan, dan keindahan wilayah perkotaan tersebut.

Sedangkan secara fisik RTH dapat dibedakan menjadi RTH alami yang berupa habitat liar alami, kawasan lindung dan taman-taman nasional, maupun RTH non-alami atau binaan yang seperti taman, lapangan olah raga dan kebun bunga. (fik)