Dari Akun Palsu, Pria Ini Diringkus Cybercrime, Dugaan Penghinaan Paslon Bupati Sidrap

LIPUTAN8.COM, Makassar – Seorang pria di Kabupaten Sidrap kembali berurusan dengan polisi atas dugaan keterlibatannya melakukan pencemaran nama baik terhadap salah satu pasangan calon Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sidrap.

Adalah, MUG, pria berusia 38 tahun. Dia berhasil diringkus oleh unit Cybercrime Polda Sulsel di Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Sidrap.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan penangkapan terhadap pelaku berdasarkan adanya laporan polisi yang dilakukan oleh Tim Sukses Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidrap.

“Tim sukses ini melaporkan karena adanya konten penghina dan pencemaran nama baik melalui via akun Facebook Ghofur Muh Farid didalam grup Pilkada Sidenreng Rappang 2018,” ucap Dicky saat gelar konferensi pers di Mapolda, Selasa (13/3/2018) siang.

Dicky menjelaskan bahwa, pelaku melakukan penghinaan dengan modus sengaja melakukan manipulasi terhadap akun Facebook milik orang lain dengan cara mengubah akun tersebut mulai nama profil, foto-foto sehingga sama dengan akun Facebook asli.

Di mana akun Facebook yang dipalsukan kata Dicky merupakan akun milik seorang anggota Polri yang bertugas di Polres Muko-Muko Polda Bengkulu.

“Pelaku memposting dengan mengatakan bahwa suami salah satu paslon merupakan seorang koruptor. Paslon itu Fatma,” tambahnya

“Atas perbuatan pelaku kata Dicky, diancam dengan pidana paling lama 12 tahun dan atau denda paling banyak Rp12 Milyar,” tambahnya.

Saat ini , pelaku penghinaan salah satu pasangan calon Bupati di Sidrap ini telah diamankan di Mapolda Sulsel untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut, bersama barang bukti dua unit Hp juga disita. (Bur).