Ketua TP PKK Kecamatan Tamalanrea Semangati Kader Dasawisma

LIPUTAN8.COM — Puluhan kader TP PKK kelurahan Kapasa, kecamatan Tamalanrea termasuk kader ditingkat RT RW sangat antusias mengikuti pembinaan kelompok Dasawisma Pokja Sekretaris TP PKK Kecamatan Tamalanrea di Baruga Pertemuan Kapasa, Kompleks BTN Purn.TNI AL Jalan Biring Romang, Makassar, Selasa (6/3/2018).

Mereka diberi pemahaman terkait tugas dan fungsi dan peran kader Dasawisma.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kecamatan Tamalanrea, Ny Arifah Zainuddin menyampaikan bahwa Dasawisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program.

Pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi, adalah beberapa contoh tanggungjawab ketua dawis, untuk kemudian hasilnya diteruskan ke ketua PKK.

Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan (PKK), pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran).

Kelompok Dasa Wisma adalah kelompok yang terdiri dari 10 – 20 kepala keluarga (KK) dalam satu RT. Setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua.

“Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut yang berbasis masyarakat adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan,” terang Ketua PKK Tamalanrea, Arifah Zainuddin.

Arifah menjelaskan, Dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK ditingkat kelurahan dan RT RW, yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat Kecamatan dan Kota.

Banyak hal yang dapat dilakukan melalui dasawisma seperti melaksanakan kegiatan kerjabakti, mengadakan lomba mengambil jentiknya sehingga dapat mengantisipasi munculnya penyakit demam berdarah.

Selain itu, terutama dalam hal administrasi, dengan mengupdate data di setiap kepala keluarga, usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (KB).

“Dengan begitu Keberadaan Dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan, sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat sasaran,” terang Arifah.

“Tabe ibu ibu kader, setelah kegiatan ini semua harus aktif, bergerak sama sama merealisasikan program Daswis di lingkungannya masing-masing. Semangatki semua, jangan panas panas tahi ayam. Mariki semua bergerak, mengoptimalkan 10 program PKK hingga ke polosok lingkungan kita,” Arifah menyemangati. (fik)