Warga Layang Optimis Hadirkan Lorong Wisata di Kecamatan Bontoala

LIPUTAN8.COM, Makassar — Ketua RW 6 Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala, Muhammad Nur mengakui, ia bakal mengembangkan program Badan Usaha Lorong (BULo). Lantaran saat ini banyak potensi kerajinan yang berada di lingkungannya sudah terlihat. Seperti penanaman bibit cabai dan obat-obatan. Tak lupa pula, RW 6 Kelurahan Layang sudah menerapkan pemilahan Bank Sampah.

“Kedepannya kami jadikan lorong wisata, dimana perbedayaanya seperti penjual bumbu makanan khas Makassar, Konveksi dan lain-lain. Bahkan warga telah merasakan penukaran sampah pemilahan mulai botol plastik, karton dan alumunium,”ujarnya.

Sebelumnya lingkungan tersebut memang sangat kumuh dan tidak tertata. Tapi akhirnya warga mengikuti program Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

“Mereka berinisiatif membangun dan menata. Jadi warga sadar dan mau berbuat. Bahkan selama ini tidak ada tuntutan,”kata Nur.

Ia mengatakan, setiap pagi warga selalu membersihkan dengan melakukan penyapuan. Sambil menunggu motor kontainer sampahnya datang.

“Petugas pengangkut sampah tidak repot lagi, tinggal mengambil langsung,”tutupnya.

Senada dikatakan, Ketua RT 1 RW 6 Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala, Sitti Rohana menyatakan, bahwa ia senantiasa setiap saat merawat tanaman yang berada di lingkungannya.

“Kami sekarang telah menanam cabai, terong, bayam, tomat dan bawang merah. Hal ini sebagai mana bukti menjalankan 9 indikator kinerja,”katanya. (**)