Timsus Polda Sulsel Ringkus Dua Pelaku Curat, Satu Dilumpuhkan

LIPUTAN8.COM, Makassar – Dua orang pelaku  tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) kembali berhasil diringkus Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel bersama Jatanras Polres Pangkep, Selasa (30/1/2018). Keduanya diringkus di dua lokasi yang berbeda di Kota Makassar.

Dari data yang berhasil dihimpun, keduanya adalah, Hasrianto alias Ateng (22) warga Jalan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep dan Ruslan alias Ullang (32) warga Jalan Andi Mangerangi lorong Buntu Kota Makassar.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan bahwa penangkapan kedua pelaku berdasarkan laporan polisi terkait pencurian atau pembobolan konter HP di Kabupaten Pangkep.

“Pelaku melakukan pembobolan toko HP dan berhasil menggasak Hp berbagai merek sebanyak 15 unit,” kata Kombes Dicky Sondani, Selasa (30/1/2018) malam.

Dicky menjelaskan bahwa penangkapan terhadap para pelaku berawal dari keberhasilan Timsus Polda Sulsel dan Jatanras Polres Pangkep melakukan penangkapan terhadap salah satu pelaku yakni Ruslan. Setelah dilakukan interogasi awal, Ruslan mengaku bahwa bukan ia melakukan pembobolan konter HP melainkan rekannya yaitu Hasrianto.

Atas informasi tersebut kata Dicky, anggota langsung mencari pelaku Hasrianto dan berhasil meringkusnya di Jalan Regge 1, Kecamatan Tallo, Kota Makassar Sulsel. Selanjutnya, saat diinterogasi ia mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian sebuah konter HP di Pangkep.

“Pengakuan Hasrianto, ia mengakui membobol toko Hp seorang diri. Dia (pelaku) menuju ke lokasi dengan naik pete-pete dan masuk ke toko tersebut dengan memanjat dan melewati bambu yang terletak di samping toko, ” jelas Dicky Sondani.

Atas pengakuannya, anggota langsung melakukan pengembangan terhadap Hasrianto untuk penunjukan TKP dan mencari barang bukti. Akan tetapi saat diperjalanan pelaku berusaha kabur dan melawan anggota sehingga diberikan tembakan peringatan namun tidak diindahkan dan terpaksa dilumpuhkan.

“Hasrianto berusaha kabur dan terpaksa dilumpuhkan. Selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara untuk diberikan perawatan medis,” tukasnya.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa lima unit HP berbagai merek yang diduga hasil kejahatan pelaku. Saat ini keduanya telah diamankan dan rencananya akan di bawa ke Polres Pangkep untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. (Bur)