Polisi Amankan 2 WNA Asal Tiongkok Pedagang Sisik Penyu Ilegal

LIPUTAN8.COM , Makassar – Tim gabungan Jatanras Polrestabes Makassar bersama Reskrim Polsek Tallo mengamankan dua Warga Negara Asing (WNA) yang diduga terlibat dalam perdagangan ilegal sisik penyu, Rabu (31/1/2018) dini hari.

Keduanya adalah, Chen Jianyi alias Aii (25) tenaga ahli dan Zhong Qiushan alias Acong (31). Keduanya diketahui adalah WNA asal Tiongkok.

Kepala unit (Kanit) Jatanras Polrestabes Makassar, AKP Ivan Wahyudi mengatakan bahwa penangkapan kedua WNA ini berdasarkan adanya informasi masyarakat bahwa dirumah pelaku yang terletak di jalan Sunu, Kompleks Unhas blok M9, terdapat aktivitas mencurigakan.

“Kita coba tindak lanjuti laporan dari masyarakat dan mendatangi rumah pelaku. Alhasil kita temukan 200 Kg sisik penyu dalam kemasan plastik,” ucap Ivan, Rabu (31/1/2018).

Ivan menambahkan, atas barang bukti yang ditemukan tersebut sehingga kedua pelaku yang saat itu berada di dalam rumah langsung diamankan. Selanjutnya dibawa ke Mapolrestabes Makassar untuk dilakukan pemeriksaan.

Hasil pemeriksaan sementara, sisik hewan dilindungi itu rencananya bakal dijual secara ilegal di negeri asalnya, dengan harga bervariasi.

“200 kg sisik penyu ilegal ini mau di jual di Tiongkok. Ada dua jenis kantong dengan harga bervariatif dari Rp1 juta sampai Rp 2 juta,” tambah Ivan Wahyudi.  (Bur)