Haidar Majid Sosialisasi Perda Pengarusutamaan Gender Kepada Warga Biringkanaya dan Tamalanrea

LIPUTAN8.COM — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Haidar Majid menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah, di Hotel Arbor, Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar, Minggu (21/01/2018).

Sebanyak 130 warga kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea ikut hadir dalam sosialisasi tersebut.

Sosialisasi ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan penyetaraan gender dalam pengeloaan pemerintahan di Sulawesi Selatan Khususnya di Kota Makassar.

“Bahwa sekarang ini tidak ada lagi perbedaan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan sehari-hari atau dengan kata lain keduanya setara, baik dalam pengelolaan Pemerintahan atau lain sebagainya,” kata Haidar Majid, dalam sambutannya.

Dalam sosialisasi tersebut turut hadir salah satu lurah perempuan, Nur Alam, Lurah Daya Kecamatan Biringkanaya sebagai pembicara.

“Sengaja kita menghadirkan Ibu Lurah Daya disini sebagai salah satu pembicara, ini untuk memberi contoh konkrit bahwa posisi-posisi strategis seperti Lurah, juga telah ditempati oleh perempuan dan ternyata mereka berhasil melaksanakan tugas dengan baik,” ujar ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulsel ini.

Selain itu, lanjut Haidar Majid, peran perempuan di kota Makassar memang sudah tidak diragukan lagi. Terbukti dengan adanya dua pasang bakal Calon Walikota Makassar saat ini yang memilih perempuan sebagai wakilnya.

“Tidak lama lagi kita menghadapi momen politik pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar, dan hampir dipastikan hanya diikuti oleh dua pasangan calon. Kedua-duanya memilih perempuan sebagai wakilnya, ini membuktikan bahwa peran perempuan sangat diperhitungkan tata kelolah pemerintah,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Makassar periode 2009-2014 ini.

Dengan adanya Perda nomor 1 Tahun 2016 ini, diharapkan masyarakat bisa lebih menngerti dalam penempatan posisi perempuan dan laki-laki, baik dalam jabatan pemerintahan, jabatan di perusahaan-perusahaan maupun dalam kehidupan sehari-hari. (**)