Pilkada Serentak 2018, Polda Sulsel Terima 128 Milyar Dana Pengamanan

LIPUTAN8.COM , Makassar – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan dalam pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, mendapatkan anggaran pengamanan sebanyak Rp 128 Milyar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani saat dikonfirmasi, Selasa (9/1/2018) siang.

“Polda Sulsel mendapatkan anggaran pengamanan Pilkada sebanyak Rp 128 Milyar dan itu telah disepakati oleh DPRD,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani.

Dicky menjelaskan, anggaran tersebut akan dipakai dalam pengamanan proses tahapan Pilkada Serentak 2018 di Sulawesi Selatan khususnya di 12 Kabupaten Kota, di mulai dari tahapan pendaftaran hingga pelantikan kepala daerah yang terpilih. Sementara, personel yang akan diturunkan dalam pengamanan pesta demokrasi ini, Polda Sulsel kata menerjunkan 12.000 personel

“Anggaran tersebut di pakai dalam tahapan pilkada, mulai dari pendaftaran sampai dengan pelantikan kepada daerah tepilih. Sementara untuk personel yang diturunkan sebanyak 12.000 personel Polda Sulsel dan jajarannya,” jelasnya.

Lebih jauh Dicky menuturkan bahwa personel pengamanan ini di terjunkan pengamanan secara bertahap sesuai dengan tahapan Pilkada. Apabila tahap Pilkada memasuki tahapan kampanye, pencoblosan dan penghitungan suara akan diterjunkan personel lebih banyak dibandingkan tahapan pendaftaran.

“Tahapan kemarin (Pendaftaran) hanya seratus personel dan kalau tahapan kampanye hingga perhitungan suara pasti jauh lebih banyak lagi,” urai Dicky Sondani. (Bur)