Sikapi Laporan Warga Kelurahan Bira, Komisi C DPRD Makassar Tinjau Gudang CV. Graha Mitra Sejati

LIPUTAN8.COM, Makassar — Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar melakukan inspeksi mendadak, ke lokasi gudang jagung milik CV Graha Mitra Sejati di Kapasa Raya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Senin (08/01). Peninjauan siang ini dalam rangka mengecek masalah pembangunan yang berada di kawasan gudang jagung yang rubuh akibat longsor dan menimpa rumah warga di sekitar kawasan gudang tersebut.

Hadir dalam peninjauan, Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar, Rahman Pina didampingi Samsuddin Kadir, Susuman Halim, Sangkala Saddiko dan Munir Mangkana serta perwakilan dari Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), Muh Kilat dan Dinas Penataan Ruang, Aswin bersama beberapa staf dari dinas terkait.

Ketua Komisi C DPRD Makassar, Rahman Pina, meminta kepada pemilik gudang (CV Graha Mitra Sejati), Salim, agar memperhatikan kualitas dan kekuatan tembok gudangnya untuk menghindari terulangnya musibah serupa.

“Kedatangan kita untuk mengecek sekaligus menegaskan kepada ownernya agar lebih memperhatikan kualitas dan struktur bangunan gudangnya. Demi menghindari musibah serupa tidak terjadi lagi dikemudian hari. Apalagi sampai memakan korban jiwa,” terang legislator asal fraksi Golkar ini.

Pada kesempatan itu juga, Rahman Pina, ingin memastikan dan meminta kepada pemilik gudang (CV Graha Mitra Sejati) untuk bertanggungjawab atas musibah tersebut, dengan memberikan santunan bagi warga yang terkena dampak rubuhnya bangunan tembok gudang tersebut.

Diketahui, tembok gudang jagung milik CV Graha Mitra Sejati, akhir tahun lalu yang setinggi 7 meter dan panjang 20 meter, ambruk dan menimpa rumah warga. Robohnya tembok pergudangan itu diduga akibat hujan deras dan tingginya debit air di lokasi kejadian. Dalam peristiwa tersebut tiga warga terluka parah dan seorang lainnya meninggal dunia akibat tertimpa bangunan yang ambruk tersebut. (**)