14 PAC PDIP Kota Makassar Lakukan Aksi, Tolak Dukungan Selain DIAmi

LIPUTAN8.COM, Makassar — Seluruh Ketua PAC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Makassar menggelar aksi penolakan terhadap seluruh kandidat yang akan diusung partai tersebut pada pemilihan wali kota Makassar 2018, selain kepada pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi).

Protes keras kader partai wong cilik ini menyusul tidak jelasnya keputusan rekomendasi dukungan oleh pengurus DPP PDIP akan diberikan kepada siapa. Mereka pun meminta kepada segenap pengurus DPD dan DPC PDIP agar aspirasi mereka bisa diteruskan dengan harapan DPP bisa mendengar langsung aspirasi kader mereka.

“Kami sebagai pemilik suara partai yang ada di Kota Makassar mendesak DPC, DPD dan DPP untuk segera memberikan kejelasan kepada kami terkait sikap Partai kepada Danny Pomanto,” Kata Hamzah, Ketua PAC PDIP Kecamatan Makassar.

Lanjut Hamzah, Sikap DPP tidak tegas dan jelas. Sementara menurutnya PAC selama ini telah menjalankan mekanisme dan perintah partai dengan baik. Untuk itulah pengurus PDIP di 14 Kecamatan itu sepakat untuk mendukung dan mengusung Kandidat wali kota incumbent Danny Pomanto yang menurut mereka telah disampaikannya secara tertulis bahkan bermaterai.

Hamzah tidak menampik soal surat tugas yang diberikan PDIP kepada Danny Pomanto, tetapi menurut Hamzah surat tugas itu belum cukup dan butuh ketegasan sikap PDIP.

“Kami butuh kepastian siapa yang akan didukung oleh PDIP, tetapi perlu diketahui hanya satu calon yang diusung oleh kami (PAC) yakni Danny Pomanto siapa pun wakilnya dan hanya satu calon yang yang mendaftar secara resmi dan melalui semua proses, calon yang lain itu tidak pernah melakukan komunikasi dengan kami apalagi mendaftar, jadi jelas Danny Pomanto lah yang harus mendapatkan rekomendasi, ” tegas Hamzah.

Sementara itu Ketua DPC PDIP Makassar H. Bahar Mahmud saat menerima aspirasi PAC PDIP di Sekretariat PDIP Kota Makassar Jalan Perintis Kemerdekaan mengatakan, apa yang disampaikan oleh pengurus PAC tentu itu adalah hak mereka sebagai pemilik suara Partai.

“Terkait siapa yang akan diusung tentu itu ranah DPP, tetapi sejauh ini kami juga di DPC telah menjalankan apa yang menjadi keinginan DPP yaitu ikut mekanisme partai, yaitu bagi calon yang ingin diusung oleh PDIP maka harus mendaftarkan diri, namun calon yang melalui proses mulai dari penjaringan tingkat ranting sampai Kecamatan bahkan sampai ketingkat DPC dan DPD hanya incumbent Danny Pomanto, olehnya sikap PAC ini saya juga sebagai Ketua Partai,” Pungkasnya.

HBM akronim dari Haji Bahar Mahmud mengaku sangat menghargai kerja-kerja yang telah dilakukan para PAC PDIP yang ada di Kota Makassar saat ini.

Pada Aksi yang sama, terlihat pula Penolakan 14 PAC PDIP se Kota Makassar untuk Munafri Aripuddin disertai dengan berkas pernyataan penolakan yang ditanda tangani oleh para Ketua PAC masing-masing kecamatan.

Usai melakukan aksi, para kader partai moncong putih ini kemudian bertandang ke kediaman pribadi wali kota Makassar yang juga kandidat wali kota pada Pilwali Makassar 2018 ini. Mereka melakuikan silaturrahmi dan memberi semangat kepada Danny bahwa seluruh Kader PDIP yang ada di 14 kecamatan dan 153 kelurahan sekota Makassar siap mendukung pencalonan DIAmi ke depan.

Bahkan mereka pun telah menyatakan siap mengundurkan diri dari kepengurusan PDIP apabila rekomendasi partai tersebut tidak diberikan kepada Danny Pomanto.