Jelang Akhir Tahun 2017, Polda Sulsel Berhasil Ringkus 1.880 Pelaku Penyalagunaan Narkotika

LIPUTAN8.COM , Makassar – Direktorat Reserse Kriminal Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulsel beserta jajaran berhasil meringkus ribuan pelaku penyalahgunaan dan peredaran narkotika dan puluhan kilo sabu, barang bukti selama tahun 2017.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sulsel, Kombes Pol Eka Yudha Satriawan saat ditemui di ruang kerjanya di Mako Polda Sulsel Selasa (12/12/2017).

“Pada tahun 2017 ini, Polda Sulsel dan jajarannya berhasil meringkus 1.880 pelaku kejahatan narkotika,” kata Eka Yudha Satriawan.

Eka Yudha menjelaskan bahwa, para pelaku kejahatan narkotika tersebut berdasarkan jenis kelamin berhasil diringkus, perempuan sebanyak 155 pelaku. Sementara itu, untuk pria berjumlah 1.733 pelaku.

Perwira tiga bunga ini juga mengatakan bahwa, selain mengamankan ribuan pelaku. Polda Sulsel juga berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu-sabu sebanyak 14Kg 797gram.

Sementara, untuk kasus kejahatan penyalahgunaan narkotika yang terlapor sebanyak 1.265 kasus dan kasus yang berhasil diselesaikan sebanyak 1.092 kasus.

“Kemungkinan besar jumlah penangkapan masih bakal bertambah lagi karena pada bulan Desember ini masih ada beberapa hari lagi dan pastinya kita akan terus melakukan pemberantasan terhadap narkoba,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada tahun 2016 lalu, Polda Sulsel bersama jajarannya berhasil meringkus kejahatan narkoba sebanyak 2.685 tersangka. Sedangkan untuk barang bukti sendiri yang berhasil diamankan sebanyak 49 Kg 946 gram.

“Penangkapan untuk tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu, hal tersebut karena para pelaku sudah mulai lebih cerdas. Akan tetapi kita akan tetap terus untuk mencari para pelaku kejahatan narkoba,” tutup Eka Yudha. (Bur)