Banner-DPRD
Pilkada Sulsel

Coba Intervensi PPS Kelurahan Biring Romang, Tim Parpol Ini Ditegur Panwas

IMG-20171212-WA0075

LIPUTAN8.COM, Makassar – Hari pertama verifikasi faktual tim pengawasan dari Parpol pengusung mendapat peringatan dari Panwas Kecamatan Manggala.

Kedatangan tim Parpol pengusung hendak menghubungi petugas PPS Kelurahan Biring Romang, namun petugas PPS Kelurahan Biring Romang menolak bertemu dengan alasan PPS punya jalur koordinasi yang sudah di atur oleh penyelenggara (KPU).

“Saya dihubungi oleh pihak Kelurahan kalau ada dari saksi Parpol yang ingin bertemu dengan saya, namun saya menolak karena kami punya jalur koordinasi yang menjadi peraturan, untuk jalur saksi dari parpol itu bukan jalur koordinasi, ” Kata Ketua PPS Kelurahan Biring Romang, Burhanuddin Izhan.

Menyikapi hal tersebut pihak Panwas melalui Ketua Panwas Kecamatan Manggala Ince Muh. Zain langsung bergerak untuk mengklarifikasi laporan Ketua PPS Kelurahan Biring Romang.

Ketua Panwas Kecamatan Manggala langsung melakukan tanya jawab dengan pihak tim Parpol terkait tujuan dan dasar apa Tim Parpol ikut dalam verifikasi faktual kemudian memberikan pemahaman terkait siapa saja yang menjadi jalur Koordinasi di verifikasi Faktual.

“Kami sampaikan boleh saja Tim parpol ikut dalam pengawalan dan pengawasan tetapi tidak dalam kapasitas bersuara hanya sebatas melihat atau mengawasi saja, terkait siapa saja yang punya kapasitas untuk bersuara yakni Penyelenggara (PPS) dan Tim Paslon, kamipun dari Panwas hanya berkapasitas mengawasi saja termasuk mengantisipasi terjadi kejadian yang tidak diinginkan salah satu diantaranya intervensi baik kepada Tim Verifikasi maupun kepada warga yang menjadi pendukung paslon independen, ” jelas Ince kepada tim Parpol.

Dari hasil laporan Ketua Panwas Kecamatan Manggala, 5 (lima) orang yang masuk dalam catatan Ketua Panwas Kecamatan Manggala di antaranya, Saiful dari Partai Nasdem, dari Partai Hanura, Firdaus, dari PPP, Erwin dan 2 (dua) orang yang berasal dari Tim Makassar Maju untuk Parpol, Muh.Ansar dan Rahman. (**)

To Top