Banner-DPRD
Pemerintahan

Komplotan Pencetak dan Pengedar Uang Palsu Diringkus, Satu Diantaranya Oknum Polisi

IMG-20171207-WA0019

LIPUTAN8.COM, Pinrang – Satuan Reserse Mobil (Resmob) Polres Pinrang berhasil meringkus komplotan pencetak dan pengedar uang palsu di Kampung Bulu, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, Rabu (6/12/2017). Salah satu pelaku merupakan oknum polisi.

Pelaku diketahui yaitu A. Aswar (25) merupakan anggota Polri Polres Mamasa Polda Sulbar dan bersama empat rekannya yakni A Bangsawan (30), A Pangurisang alias A Cicang (30) dan Andi Ismail, warga Kecamatan Paleteang serta Andi Suhardi alias Appi (38) warga Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang.

” Oknum ini yang berperan sebagai pencetak uang palsu dan uang palsu diberikan kepada temannya untuk dibelanjakan. Penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat kemudian kita lakukan pengembangan, ” kata Kapolres Pinrang, AKBP Adhi Purboyo kepada Liputan8.com, saat dikonfirmasi, Rabu (6/12/2017) malam.

Dari hasil interogasi awal kata Adhi, pelaku mencetak mencetak uang palsu menggunakan alat berupa satu unit printer merek Epson, kertas HVS dan uang kertas asli dan selanjutnya diserahkan ke temannya untuk dibelanjakan.

“Pengakuannya, pelaku ini menggunakan kertas HVS kemudian di cetak menggunakan printer, ” kata Adhi.

Pengungkapan kasus peredaran uang palsu ini lanjut Adhi , berawal dari tertangkapnya pelaku Appi dan Bangsawan. Selanjutnya dilakukan interograsi dan mengakui bahwa ia mendapatkan uang tersebut dari pelaku A Aswar dan A Ismail.

Atas pengakuannya kedua pelaku, anggota langsung mengejar pelaku lainnya yang diduga sebagai pencetak uang palsu dan kembali berhasil meringkus pelaku di rumahnya.

“Saat dilakukan penggeledahan dirumahnya, personel menemukan barang bukti printer, kertas HVS dan uang asli dan palsu,” tambahnya

Kelima pelaku bersama barang bukti berupa uang palsu sebanyak 750 ribu dengan rincian pecahan 100 ribu rupiah, sebanyak 3 lembar dan pecahan 50 ribu sebanyak 9 lembar.

“Pelaku bersama barang bukti saat ini telah diamankan di Mako Polres Pinrang guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut, ” pungkas Kapolres Pinrang, AKBP Adhi Purboyo.
(Bur)

To Top