Banner-DPRD
Sulsel

Tersangka Kasus Tipikor di Polda Sulsel, Didominasi ASN

IMG-20171206-WA0214

LIPUTAN8.COM, Makassar – Dari kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang ditangani Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) selama tahun 2017, Aparatur Sipil Negara (ASN) mendominasi sebagai tersangka kasus korupsi sebanyak 74 persen.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Dirreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudiawan saat menggelar press release di ruang rapat Ditreskrimsus, Mako Polda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar Rabu (6/11/2017).

Yudiawan mengatakan dari 74 persen tersebut diantaranya, ada 3 orang Kepala Dinas dan 19 orang seabagi staf.

“Selebihnya dari 74 persen ASN tersebut, ada 4 orang Kepala Desa, 5 orang honorer, 16 orang swasta. Jadi total tersangka yang sudah tahap P21 ada 47,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, dari jumlah tersebut diantaranya, yang sudah ditetapkan tersangka namun masih dalam proses sidik, kata Yudiawan, yakni 3 orang anggota DPRD Kabupaten, 1 orang Sekretaris DPRD Kabupaten, 1 orang mantan pengurus PWI, 15 orang swasta, 5 orang Kepala Dinas, 23 orang Staf, 4 orang Kepala Desa dan 2 orang Kepala Sekolah.

“Tercatat selama tahun 2017 ini, tidak bisa dipungkiri tersangka korupsi Tipikor Aparatur Sipil Negara (ASN) sangat mendominasi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) menerima Laporan Polisi (LP) kasus tidak pidana korupsi yang ditangani Polda Sulsel sebanyak 51 kasus dengan target Difa sebanyak 55. Sementara jumlah kasus yang telah di P21 atau proses lanjut sebanyak 43 kasus dan sisanya proses masih berlanjut.

“Kita optimis bahwa kita masih akan menyelesaikan kasus dalam tahun 2017 ini dan tidak tertutup kemungkinan tersangka dalam kasus ini akan bertambah, ” pungkas AKBP Leonardo Mantan Kasubdit III Tipidkor yang sekarang telah menjabat Kapolres Luwu Timur. (Bur)

To Top