Banner-DPRD
MetroMakassar

Gugur di Medan Perang, Nama Salah Satu Prajurit Yonif Raider 700 ‘Diabadikan’

IMG-20171204-WA0133

LIPUTAN8.COM, Makassar – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti meresmikan lapangan tembak pistol, M Bakti Hasan, di Mako Kodam jalan Urip Sumoharjo Kecamatan Panakkukang, Makassar, Senin (4/12/2017).

Agus Surya Bakti dalam sambutannya mengatakan, pemberian nama M Bakti Hasan merupakan wujud penghargaan untuk mengenang jasa Pratu Anumerta M Bakti Hasan, prajurit Raider Yonif 700, Wira Yudha Cakti, Kodam VII Wirabuana, yang gugur dalam pertempuran dalam kontak senjata dengan Gerakan Pengacau Keamanan (GPK) di Kampung Lopuloho, Desa Muapitine, Timor Timur, pada tanggal 22 November 1984 lalu.

“Saat itu dia (Pratu M Bakti Hasan) masuk ke daerah musuh, saat dikepung oleh musuh kemudian dia diperintahkan oleh Dantimnya untuk mundur, namun ia dengan tegas memberikan balasan tembakan untuk melindungi dirinya dan teman-temannya, ” kata Agus Surya Bakti di saat memberikan sambutannya di depan tamu undangan.

Agus SB menambahkan, dengan diresmikannya lapangan tembak pistol pertama di Mako Kodam XIV Hasanuddin, diharapkan bisa memacu semangat para prajurit, khususnya di kemampuan menembak. Apalagi selama ini prajurit Hasanuddin sudah cukup disegani pada setiap kompetisi menembak antar prajurit TNI.

Hadir dalam kegiatan peresmian lapangan tembak pistol ini adalah para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sulawesi Selatan, Bupati dan Wakil Bupati, Wakapolda Sulsel, Dansat Brimob Polda Sulsel dan beberapa tamu undangan lainnya. (Bur)

To Top