UPTD Puskesmas Peninjauan OKU Disurvey Untuk Akreditasi

LIPUTAN8.COM, Baturaja – Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sudah menyusun roadmap (peta jalan) akreditasi untuk Puskesmas tahun 2017, yang ditargetkan sebanyak lima Puskesmas dilaksanakan survei oleh Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Kamis (26/10/2017).

Dikatakan Tim Surveyor Ernawati Baliah pelaksanaan survei akreditasi Puskesmas ini dilakukan 3 orang surveyor dalam satu tim, setiap tim satu puskesmas yang akan melakukan akreditasi. Untuk akreditasi kita nilai semua, mulai dari administrasi, dan program-programnya yang nantinya 3 orang akan membidangi usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat sedangkan tujuan dari pada akreditasi untuk meningkatkan mutu pelayan puskesmas.

“Iya, mungkin selama ini bekerja lalai atau lupa mencatat padahal itu perlu di catat nah maka dari itu dengan adanya akreditasi mulai berbenah diri untuk selalu menulis apa yang akan dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis, sedangkan kriteria  tingkatan akreditasi ada 4 yakni tingkatan dasar, madya, utama dan paripurna,” urainya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Suharmasto mengatakan, hari ini datang tim surveyor yang akan memotret kondisi Puskesmas Peninjauan baik dari aspek Manajemen, kinerja Puskesmas dan  pelayanan kepada masyarakat dengan melalui akreditasi ini kita lakukan peningkatan seperti Manajemen diperbaiki, pelayanan semakin baik dan masyarakat juga semakin sehat.

“Harapan saya kedepan Puskesmas bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” harapnya.

Ditempat terpisah saat diwawancarai liputan8.com Kepala UPTD Puskesmas Peninjauan Dwi Fenti Atri menuturkan, pelaksanaan survei akreditasi Puskesmas ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas menyatakan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, Puskesmas wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.

Menurut dia, akreditasi terhadap Pusat Layanan Kesehatan (Puskemas) ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan di UPTD Puskesmas Peninjauan. Selain itu pelayanan yang sebelumnya pada masyarakat ditingkatkan lagi supaya pasien kita bertambah dan lebih nyaman di Puskesmas.

“Dengan akreditasi kita optimis karena ini merupakan tantangan selaku Kepala UPTD Puskesmas dan mudah-mudahan akreditasi dapat diraih,” ungkapnya.

Atri juga menerangkan, bahwa akreditasi Puskesmas merupakan pengakuan terhadap dari Lembaga Independen Penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan Menteri Kesehatan. Apalagi, salah satu untuk bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional, (JKN) maka Puskesmas harus terakreditasi.

“Besar harapan kami UPTD Puskesmas Peninjauan yang sedang dan disurvei ini bisa lulus akreditasi dan diharapkan dengan adanya pelaksanaan akreditasi ini kinerja Puskesmas semakin baik lagi,” paparnya. (Ariyan)