Wali Kota Makassar Hadiri Germas dan Launching Puskesmas Minasa Upa

LIPUTAN8.COM, Makassar — Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dilaksanakan serentak di puskesmas pustu dan klinik se wilayah provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Salah satu lokasi yang ada di wilayah kota Makassar juga dihadiri oleh Wali Kota Makassar, Senin (2/10/17). Tepatnya di Halaman Puskesmas Minasa Upa.

Di Makassar, kegiatan Germas sendiri sekaligus dirangkaian dengan peresmian UPTD Puskesmas Minasa Upa Makassar.

Selain Danny, dalam Germas di Puskesmas Minasaupa turut hadir Turut hadir ketua TP PKK Kota Makassar, Asisten 2, Perwakilan dinas kesehatan Sulsel, Kepala OPD, Camat Rappocini, Lurah Sekecamatan Rappocini
Kepala RSUD, Ketua RT RW dan tokoh masyarakat.

Dalam Sambutannya , Danny menyampaikan mengenai pentingnya menjaga kesehatan bagi seluruh kalangan. Pasalnya menurut Danny datangnya penyakit ama sekali tidak memandang jabatan maupun status sosial kekayaan.

“Mau miskin, mau kaya, semuanya berpotensi sakit. Makanya kita terus berinovasi di bidang kesehatan. Salah satunya adalah layanan home care yang saat ini sudah banyak dinikmati masyarakat bahkan mendapatkan sejumlah penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap inovasi kita dalam bidang kesehatan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, Germas sendiri adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kesakitan, kematian maupun kecacatan.

Untuk itu germas merupakan upaya promotif dan preventif dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas tahun 2017 yakni melakukan aktivitas fisik, Konsumsi sayur dan buah dan memeriksa kesehatan secara rutin.

“Aktivitas fisik yang dianjurkan adalah selama 30 menit dalam lima hari per minggu, konsumsi sayur dan buah yang di anjurkan lima porsi per hari,” katanya.

Dalam kegiatan G1000G bidang kesehatan yang dilakukan serentak pada 24 kabupaten Sulsel ini diharapkan membawa kebaikan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (**)