Dengan Undercover Buying, 2 Pelaku Narkoba Diringkus Polisi

LIPUTAN8.COM  — Teknik khusus dalam penyelidikan kejahatan tindak pidana penyalagunaan narkoba yang dikenal sebagai Undercover Buying, kembali membuahkan hasil. Dua pelaku narkoba diamanakan di Kompleks Pasar Baru Rappang Kelurahan Lalebat Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap, Rabu malam (7/6/2017).

Keduanya adalah, Aswar alias La Saware bin Misbah dan Jumardi alias Addi. Keduanya adalah warga Kelurahan Lalebat Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan, kedua pelaku berhasil diamankan setelah personil Satuan Narkoba Polres Sidrap menerima informasi adanya tindak pidana penyalagunaan narkoba. Awalnya, anggota pertama kali mengamankan pelaku Aswar dengan barang bukti satu paket sabu. Dari penangkapan ini anggota kemudian melakukan pengembangan dan berhasil meringkus pelaku Jumardi yang menurut pengakuan pelaku sebelumnya bahwa barang yang di peroleh dari lelaki Jumardi.

” Dua pelaku diamankan di lokasi berbeda, penangkapan ini berdasarkan informasi yang kemudian lakukan pengintaian dengan menggunakan teknik Undercover Buying, ” Kata Dicky Sondani, Kamis (8/6/2017).

Selain mengamankan dua orang pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa 1 sachet sedang dan 9 sachet kecil serta 4 unit Hp berbagai merek.

” Pelaku dan barang bukti saat ini telah diamankan di Mako Polres Sidrap, guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut, ” Sambung Dicky Sondani.

Untuk diketahui, Undercover Buying atau pembelian terselubung adalah, merupakan metode yang dilakukan penyidik dalam tindak pidana narkoba seperti yang diatur dalam Pasal 57 dan Pasal 78 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika .

Selain itu, istilah Undercover Buying juga suatu tehnik khusus dalam penyelidikan kejahatan narkoba, dimana seorang informan atau anggota Polisi ( di bawah selubung) yang bertindak sebagai pembeli dalam suatu transaksi gelap jual beli narkoba, dengan maksud saat terjadi hal tersebut si penjual atau perantara atau orang-orang yang berkaitan dapat di tangkap beserta barang bukti yang ada padanya. ( Bur)