Kembangkan Program BULo, Lurah Tamalanrea Giatkan Berkebun Cabai

LIPUTAN8.COM — Pihak kelurahan Tamalanrea, kecamatan Tamalanrea, Makassar terus bergerak, menjalankan program unggulan berbasis masyarakat.

Selain Longgar (Lorong garden), Bank Sampah, dan beberapa program lainnya, kelurahan Tamalanrea yang di nahkodai Aminuddin juga mengembangkan program BULo (Badan Usaha Lorong).

Program BULo tersebut digalakkan di masing-masing RT/RW. Setiap RW di kawasan Bumi Tamalanrea Permai (BTP) itu memiliki Kelompok Tani Lorong (Koptanrong) yang fokus dalam pembibitan/penyemaian cabai dan tanaman produktif lainnya.

Menurut Lurah Tamalanrea, Aminuddin, sejak program BULo diluncurkan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, pihaknya langsung tancap gas, dengan membentuk Koptanrong di setiap RT/RW.

“Program BULo kami sudah jalan dari awal, sejak Pak Wali luncurkan program ini kami sudah bergerak. Selain membentuk Koptanrong, kami juga langsung membuat kebun BULo di beberapa lorong di Tamalanrea,” kata Aminuddin.

“Alhamdulillah, kita sudah pernah panen satu kali. Sekarang kita kembangkan lagi dengan penyemaian seribu bibit cabai di RW 1 Bontoramba,” ujar Aminuddin.

Dijelaskan Aminuddin, program BULo ini sangat bermanfaat dan menguntungkan masyarakat. Paling tidak, masyarakat tidak lagi repot-repot ke pasar membeli lombok atau cabai, dan sayur mayur. Cukup mereka memetik di kebun BULo di lingkungan rumahnya masing-masing.

“Kalau kita tekuni program ini, InsyaAllah masyarakat kita akan sejahtera. Dan mampu menjaga dan meningkatkan kebutuhan pangan di masyarakat,” cetusnya. (edi)