Kepala DPM PTSP Makassar Terima Kunjungan Pemkab Tulungagung, Bahas Penanganan Perizinan

LIPUTAN8.CPM — Pemerintah Kabupaten Tulungagung melakukan kunjungan kerja dikantor diruang Sipakalebbi Balai Kota Makassar,  Selasa (30/5/2017).

Kunjungan rombongan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Makassar, A. Bukti Djufrie.

Dihadapan rombongan A Bukti Djufri memberikan gambaran secara umum mengenai pelayanan perizinan di Kota Makassar.

“Pelaksanaan perizinan tahun 2017, telah terbit SK percepatan dan Perwali Nomor 60, serta terdapat SKPD yang dialihkan kewenangan perizinannya,”

Dalam kesempatan tersebut juga A. Bukti Djufrie menanggapi sejumlah pertanyaan dari rombongan Pemkab Tulungagung mulai ketersediaan sumber daya manusia DPM dan PTSP hingga perizinan pasar modern atau mini market.

“Untuk sumber daya, sejalan dengan pengalihan kewenangan perizinan tiap SKPD, hampir setiap pegawai SKPD teknis dimutasikan ke DPM dan PTSP, seperti Dishub dan DTRB. Tahun 2018 akan mencakup keseluruhab SKPD,”” jelas A. Bukti Djufrie.

“Terdapat 600 an mini market yang tersebar di Makassar, kami sedang verifikasi, sebab sebagian besar belum mengantongi izin alih fungsi gedung dan izin usaha,” tambahnya.

lanjutnya, A. Bukti Djufrie mengatakan bahwa tujuan rombongan kunjungan kerja Pemkab Tulungagung, yang terdiri dari Sekretaris Dewan, Komisi A dan C DPRD Tulungagung, Kepala DPM&PTSP Tulungagung, Bapenda Tulungagung, Disperindag Tulungagung bertujuan untuk mempelajari proses pelayanan perizinan di Kota Makassar.

“Mereka ingin mempelajari proses perizinan hingga PAD Makassar dapat mencapai Rp.1,4 trilyun sedangkan PAD Tulungagung Rp. 274 milyar,” ungkap A. Bukti Djufrie. (**)