Andi Bukti Djufrie Calon Kuat Sekkot Makassar

Andi Bukti Djufri Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Makassar
Andi Bukti Djufri Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Makassar

LIPUTAN8.COM – Sejumlah pejabat eselon II di Balaikota Makassar bakal diseleksi menjadi calon Sekretaris Daerah Kota Makassar menyusul masa pensiun Ibrahim Saleh berakhir pada Juli 2017 mendatang.

Ibe sapaan Ibrahim Saleh menjadi Sekkot Makassar kurang lebih empat tahun. Ibe dilantik oleh mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin pada 4 Mei 2014 lalu.

Lalu, siapa pejabat yang layak dan mumpuni melanjutkan kursi pamong senior tersebut? Ada beberapa nama menguat yang saat ini menjabat eselon II golongan IV/c.

Andi Bukti Djufrie misalnya pejabat Pemkot yang saat ini menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Makassar. Andi Bukti semakin menguat di lingkup Balaikota.

Ditambah lagi, statement Ibe yang menilai Andi Bukti memiliki kemampuan dalam ilmu pemerintahan sehingga bisa melanjutkan jabatan yang akan dia tinggalkan. Artinya, Ibe memberikan isyarat dukungan agar Walikota Makassar Danny Pomanto memilih pejabat yang berkompeten dan loyal kepada pimpinan.

Selain kelayakan secara administrasi, Andi Bukti memiliki pengalaman sebagai abdi negara. Ia pernah menjabat sebagai lurah dan camat. Kemudian, menjabat eselon II sebagai Kadis Tenaga Kerja Makassar.

Pengamat pemerintahan Arief Wicaksono menilai pejabat yang pantas menduduki posisi Sekkot utamanya tidak tersangkut secara hukum atau perkara lainnya. Memiliki integritas dan track record sebagai ASN.

“Saya kira hal itu menjadi pertimbangan khusus kepada Walikota Makassar untuk memilih Sekkot,”ujar Arief Wicaksono, Kamis (18/5/2017). Sementara itu, pejabat lainnya yang dinilai layak menjadi Sekkot yakni Muh Sabri (asisten I), Irwan Adnan (Kabapenda), dan Muh Yasir (Kadisperindag). (liputan8)