Selama Ramadan, Damkar Makassar Siaga 24 Jam, Optimalkan 5 Posko Pemadam

MAKASSAR, BKM — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar akan menyiagakan lima posko selama Ramadan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran di bulan Ramadan.

Kepala Damkar Makassar Imran Samad mengatakan, potensi terjadinya kebakaran di bulan Ramadan sangat besar. Ini karena aktivitas masak-memasak di rumah menjadi meningkat.

“Aktivitas memasak menjadi tinggi selama Ramadan. Saat sahur, ibu-ibu biasanya lalai mematikan kompor karena pengaruh kantuk. Inilah yang bisa memicu terjadinya kebakaran,” ujar Imran saat diskusi pagi dengan PDAM, Rabu (17/5/2017).

“Selama ini kami stay 24 jam dan terus meningkatkan kesiap siagaan personil selama bulan puasa. Lima posko kita optimalkan jika terjadi kebakaran,” cetusnya.

Imran menambahkan, untuk mengatisipasi kebakaran sekaligus meminimalisir dampak dari insiden tersbut, lima posko yang disiapkan ini akan merespon dengan cepat semua aduan yang masuk.

Ke lima posko yang dimaksud masing-masing Posko Induk Ratulangi, Posko Timur di Pengayoman, Posko Kima di Pusat Industri Kima, Posko Utara di Tallo dan Posko Gabungan di Ujung Tanah.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan bahaya kebakaran. Perhatikan kompor dan listrik sebelum tidur,” pungkasnya. (rls)