Peringati Hari Bumi, Aktivis Lingkungan Tanam 1.000 Mangrove di Pesisir Pantai Untia

LIPUTAN8.COM — Dalam rangka memperingati Hari Bumi ke-47, warga Untia, anggota Pramuka, dan peserta kemah bakti Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar melakukan penanaman bakau di pesisir pantai Untia Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Minggu (14/5/2017).

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat dan aktivis lingkungan termasuk Pramuka dan relawan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Lurah Untia Andi Patiroi SH mengatakan, aksi ini dilakukan bagian dari melakukan pencegahan terjadi bencana, terutama bencana abrasi saat air laut pasang.

“Ada sekitar 1.000 bibit Mangrove yang kita tanam. Dengan menanam mangrove bisa mencegah bencana abrasi saat air laut pasang,” kata Patiroi.

Selain itu, sebutnya, dengan adanya penanaman mangrove ini bisa mendekatkan masyarakat dengan alam.

Sehingga masyarakat mengerti pentingnya menjaga kesimbangan alam, untuk menghindari bencana. Salah satunya dengan penanaman mangrove, sebagai penangkal air laut saat pasang.

“Supaya kita bisa dekat dengan alam. Mencegah dan menangkal kerusakan alam,” tukasnya.

Hari bumi se-dunia diperingati secara internasional setiap tahunnya tanggal 22 April.

Hari bumi bertujuan untuk melakukan penyadaran kepada manusia, agar menjaga, melestarikan dan memelihari keseimbangan bumi.

Andi Patiroi menjelaskan bahwa penanaman mangrove menjadi satu aksi nyata dalam meneriakkan semangat perubahan untuk kelestarian bumi dan lingkungan yang tetap hijau.

Seperti diketahui hutan mangrove mempunyai toleransi besar terhadap kadar garam dan dapat berkembang di daratan bersalinitas tinggi di mana tanaman biasa tidak dapat tumbuh.

Ekosistem hutan mangrove memberikan banyak manfaat baik secara tidak langsung (noneconomic value) maupun secara langsung kepada kehidupan manusia (economic vallues).

Beberapa manfaat yang tidak langsung sebagai konsumsi manusia antara lain menumbuhkan pulau dan menstabilkan pantai, menjernihkan air, mengawali rantai makanan, serta melindungi dan memberi nutrisi. (rls)