Hari Bakti Dokter Indonesia ke-109, Ini Harapan SYL pada IDI

LIPUTAN8.COM — Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menaruh harapan besar pada dunia kedokteran Indonesia. Syahrul Yasin Limpo berharap akan ada rekomendasi yang kemudian disampaikan kepada gubernur agar bisa menjadi dasar dalam menentukan kebijakan.

“Ada 260 juta rakyat Indonesia membutuhkan pelayanan kesehatan. Usaha preventif paling penting,” kata SYL pada pembukaan Sarasehan Nasional Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-109 di Clarion Hotel, Makassar, Jum’at (12/05/2017).

Ada tiga hal yang menjadi harapan gubernur Sulsel tersebut. Pertama, adanya visi dan kesatuan pemahaman yang sama pada peran tenaga medis. Harapan kedua adalah masalah layanan kesehatan, terutama pada tindakan darurat, serta pelayanan BPJS yang lebih baik termasuk sosialisasi pelayanan agar dipahami secara menyeluruh. Dan yang ketiga adalah pola-pola rehabilitasi yang dilakukan terutama pada yang kurang.

Dikatakan SYL, hubungan harus dipererat antara pemerintah, IDI dan tenaga kesehatan serta
masyarakat.

“Saya contohkan waktu orde baru, masalah timbangan bayi, kader posyandu itu berjalan dengan baik. Dan itu harus pulih tanpa politik jadinya cepat. Kita ingin ada pendekatan seperti itu jadi masyarakat cepat terlayani.” tutup Syahrul Yasin Limpo (mri)