Dukung BULo, Indira Resmikan Lorong Peduli Inflasi di Toddopuli III

LIPUTAN8.COM — Ketua TP PKK Kota Makassar, Ny Indira Yusuf Ismail meluncurkan program lorong peduli inflasi di RW 6 Jalan Toddopuli III Kelurahan Pandang Kecamatan Panakkukang, Kamis (11/5/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Bank Indonesia (BI) Wiwiek Sisto, Camat Panakkukang Muh Thahir Rasyid dan sejumlah eleman masyaeakat kelurahan Pandang.

Dalam sambutannya, Ny Indira berharap lorong peduli inflasi ini bisa membantu meningkatkan perekonomian rakyat melalui program BULo (Badan usaha lorong) dengan menanam cabai dan tanaman produktif lainnya.

Menurutnya program peduli inflasi itu dianggap perlu. Sebab apabila diusahakan dengan benar maka bertanam cabai oleh warga kita ternyata bisa menjadi usaha yang menguntungkan.

Indira mengatakan, lorong Toddopuli III ini merupakan pilot project sebagai lorong peduli inflasi di Kota Makassar. Lorong ini kata dia akan dijadikan pusat pelatihan lorong peduli inflasi dengan mangajari warga program integrasi budi daya cabai organik berbasis ekofarming.

“Kedepan warga kita ajari membuat pupuk dari limbah air seni dan kotoran sapi. Lalu digunakan untuk pengembangan cabai, karena merupakan salah satu penyumbang inflasi. Selanjutnya bukan hanya komiditas cabai, namun juga bawang merah dan sebagainya.

“Intinya kalau warga Toddopuli III ini sudah dilatih dan menjadi lingkungan peduli inflasi, diharapkan mereka akan tahu bagaimana meningkatkan ketahanan pangan, peduli dengan inflasi,” katanya.

“Lewat upaya ini, kita ingin menanamkan kepedulian pada warga agar menjadi petani lorong di perkotaan agar lebih baik.” cetusnya. (aco)