DPU Gunakan Alat Berat, Genangan Air di Tamangapa Raya III Mulai Menyusut

LIPUTAN8.COM — Hari ketiga pengerukan sedimentasi di Jalan Tamangapa raya III Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala sudah menunjukkan kemajuan, Senin (08/05).

Genangan air dibeberapa titik jalan Tamangapa Raya III di hari ketiga, upaya Satgas Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sudah menunjukkan kemajuan yang signifikan. Pada titik hulu, penyusutan genangan air didalam drainase tepatnya di ORW 07 ORT 02 Jalan Tamangapa raya III, sehingga genangan sudah tidak nampak lagi.

“Alhmadulillah sudah ada penyusutan genanga air di hulu drainase, setelah 2 (dua) hari satgas lakukan pengerukan, air mulai mengalir,” tandas David, pengawas drainase Dinas PU.

IMG-20170508-WA004-768x432

Terjadinya genangan air dibeberapa titik di Jalan Tamangapa raya III Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala di akibatkan selain karena banyaknya kayu penopang jembatan yang menampung sampah yang ikut mengalir, sidementasi di titik hulu juga sudah terbilang sangat tebal, sehingga arus air melambat akibatnya genanagan air di dalam drainase terjadi.

Menurut David, untuk pengerukan sedimentasi di hulu, kami juga harus berhati – hati, dengan kedalaman drainase (induk) sekitar 3 meter dan lebar 1,5 meter dinding pasangan pondasi, bisa saja menimbulkan masalah baru, jika sedimentasi harus terkeruk ke Bodem ( lantai) drainase dengan menggunakan alat berat.

“Kita harus hati – hati lakukan pengerukan dalam menggunakan alat berat, bisa berakibat bilamana Bodem (Lantai) tersentuh alat berat, akibatnya dinding drainase bisa roboh, maka tugas Satgas yang melakukan kerja manual sampai ke lantai drainase ,” ujar David. (**)