Buron 5 Tahun, Pelaku Pembunuh Bendahara Perbakin Sulsel Berhasil Diringkus.

LIPUTAN8.COM  — Setelah buron sekitar 5 tahun, pelaku kasus pembunuhan terhadap bendahara Perbakin Sulawesi Selatan akhirnya di ringkus oleh Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel,Minggu malam (7/5/2017).

Penangkapan pelaku diketahui setelah pihak kepolisian menerima informasi terkait keberadaan pelaku yang juga sudah masuk Daftar Pencarian Orang (Dpo), sementara dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pajonga Dg.Ngalle Kabupaten Takalar sedang menjalani perawatan medis setelah terjatuh dari sepeda motor.

Adalah Kamir alias Kamiri (30) warga dusun Bontobila desa Bontomanai Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Penangkapan Dpo ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani. Ia mengatakan, setelah pihaknya menerima informasi keberadaan pelaku, Tim kemudian langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku.

” Dari informasi yang kita dapat, langsung kita lakukan penyelidikan, dan benar pelaku sementara menjalani perawatan di Rumah Sakit Takalar,” Kata Dicky Sondani, Senin (8/5/2017).

Perwira Tiga Bunga Melati ini menambahkan, dari hasil pemeriksaan awal, pelaku mengakui jika dirinya ikut terlibat dalam aksi pencurian yang berujung pada pembunuhan korban. Tidak hanya itu, korban juga digagahi oleh pelaku bersama dua orang rekannya.

” Pengakuan pelaku, korbannya juga digagahi bersama dua orang rekan pelaku,” Ungkap Dicky.

Usia membunuh korbannya, pelaku bersama dua orang rekannya kemudian mengarahkan mobilnya dari Kabupaten Barru menuju Kabupaten Jeneponto untuk membuat jenasah korban di laut, namun beberapa hari setelah kejadian tersebut, jenasah korban ditemukan oleh mengambang di pelelangan ikan Kabupaten Jeneponto oleh warga sekitar lokasi.

” Untuk menghilangkan jejak, pelaku kemudian membuang jenasah korban di daerah Jeneponto, setelah beberapa hari jenasah korban ditemukan di lokasi pelelangan ikan, ” Sambung Dicky Sondani.

Diketahui,korban adalah Suraeda Miru yang juga adalah atlet menembak dan merupakan bandara Perbakin Sulsel.

Penangkapan pelaku berdasarkan Laporan Polisi No.Pol :LP/60/II/2012 /SPKT, Tanggal 08 Februari 2012 dan DPO No.Pol : DPO /02/III /2012 /Ditreskrimum, Tanggal 06 Maret 2012. (Bur)