Timsus Polda Sulsel Lumpuhkan Pelaku Pencurian Spesialis Rumah Sakit

LIPUTAN8.COM — Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel kembali mengamankan pelaku pencurian yang kerap beraksi di Rumah Sakit Bhayangkara, Rabu (3/5/2017) sekira pukul 00:30 Wita. Pelaku meregang kesakitan setelah proyektil peluru polisi bersarang di betis sebelah kanan pelaku.

Adalah, Zulfikar alias Ama (23) warga jalan Kumala 2 Kelurahan Pa, batang Kecamatan Mamajang, Makassar. Penangkapan pelaku diketahui berdasarkan atas Laporan Polisi, salah satunya di Polske Tamalate.

“Anggota lumpuhkan pelaku, setelah dia berusaha mengelabui petugas saat dilakukan pengembangan, ” Kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu siang (3/5/2017).

Dicky menjelaskan, setelah dilakukan introgasi terhadap Ama sapaan pelaku pencurian, terungkap jika dalam menjalankan aksinya, pelaku biasanya beraksi di rumah sakit, seperti rumah sakit Bhayangkara Makassar. Modus pelaku, kata Dicky adalah berbaur dengan pengunjung rumah sakit layaknya seseorang atau keluarga salah satu pasien rumah sakit, setelah melihat keadaan yang aman pelaku kemudian mengambil barang-barang berharga milik keluarga pasien seperti HP dan barang berharga lainnya.

“Dari pengakuan pelaku, sedikitnya telah melakukan aksinya di rumah sakit Bhayangkara sebanyak 10 kali, Hp dan uang serta barang berharga lainnya yang menjadi sasaran pelaku, ” kata Dicky.

Untuk menghindari kejadian serupa, Dicky menjelaskan kepada seluruh keluarga pasien atau kerabat pasien yang sementara dalam perawatan untuk tidak meninggalkan barang-barang berharga di kamar pasien dan lebih selektif melihat pengunjung yang bisa saja bukan keluarga ataupun kerabat dari pasien yang sementara dirawat.

Berdasarkan informasi yang dihinpun, saat ini pelaku yang juga berprofesi sebagai buruh harian bersama barang bukti berupa laptop dan Hp telah diamankan di Posko Timsus Polda Sulsel untuk di serahkan ke Polsek Tamalate guna pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. Sebelumnya, pelaku telah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. (Bur)