Warga Maccini Gusung Antusias Menimbang Sampah, BSU SIKATUTUI Terima Sampah Tukar Beras

LIPUTAN8.COM — Bank Sampah Unit (BSU) Sikatutui RW 1 kelurahan Maccini Gusung kecamatan Makassar tetap fokus dan konsisten mengelola BSU.

Mereka aktif melakukan penimbangan sampah dua kali seminggu.

Selain dalam bentuk tabungan, BSU Sikatutui yang berafa di RW 1 Jalan Gunung Bawakaraeng juga menerima sampah tukar beras dan beberapa peralatan rumah tangga.

Direktur BSU Sikatutui RW 1, Muh Nur mengatakan, saat ini BSU yang kami kelolah telah memiliki 43 anggota/nasabah bank sampah.

Kita melayani semua jenis sampah seperti plastik, karton dan lain-lain. “Sampah plastik dan karton yang bersih Rp3500 per kilo. Sedangkan yang kotor Rp1500 per kilonya,” kata Muh Nur.

Sementara Lurah Maccini Gusung, Rendra menjelaskan, program bank sampah merupakan suatu sistem pengelolaan sampah secara kolektif dengan prinsip daur ulang.

Keberadaraan bank sampah akan memberikan dampak positif untuk lingkungan sekaligus memperbaiki kondisi ekonomi di masyarakat.

Lurah Rendra menyebut masyarakat yang bertindak sebagai nasabah bank akan mendapatkan keuntungan.

“Permasalahan sampah tidak akan selesai kalau hanya mengandalkan pemerintah. Perlu dukungan dan partisipasi masyarakat, salah satu upaya itu bisa dilakukan dengan cara mendirikan bank sampah. Kami mendorong pendirian bank sampah berbasis masyarakat disetiap lingkungan RW,”  jelas Rendra.

Dia mengajak masyarakat berama-sama mengentaskan permasalahan sampah mulai dari hulu.

Lurah Remdra meminta masyarakat membuang sampah hanya yang tidak bisa lagi diolah. Apabila sampah dipilah ditingkat rumah tangga, lanjut Rendra, otomatis warga ikut berperan dalam mengurangi volume sampah yang masuk TPA. (rls)