29 Juli, Toraja Marathon 2017 di Gelar

LIPUTAN8.COM — Toraja yang selama ini telah dikenal dunia sebagai daerah yang memiliki budaya dan adat istiadat yang sangat unik dan kaya, ternyata juga dibungkus oleh kekayaan dan keindahan alamnya yang sangat asri dan menakjubkan.

Terlindung aman oleh barisan bukit,
dan bebatuan alam memancarkan kemilau mulai dari lembahnya yang hijau hamparan terasering sawah, sungai yang membelah perbukitan sampai pada perkebunan kopi rakyat yang tersebar luas ke penjuru perkampungan.

Toraja Marathon merupakan event Full Marathon pertama di Sulawesi yang telah digelar pada 13 Agustus 2016 lalu, melintasi daerah dan pemandangan eksotis serta obyek wisata unggulan di kedua kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara Kini, pada tahun 2017, pihak penyelenggara Toraja Marathon melalui PT Laga Toraja Mendunia, kembali akan menyelenggarakan event olahraga internasional Marathon untuk yang kedua kalinya yaitu pada 29 Juli 2017 dengan target peserta sebanyak 1500 peserta, berasal dari dalam maupun luar Sulawesi dan juga peserta internasional.

Kategori yang akan diperlombakan adalah 5K, 10K, 21K, dan full marathon
2K), dengan kombinasi jenis
road running maupun semi trail melalui kota dan desa-desa penduduk asli Toraja

Setidaknya pelari 21 dan 42 K akan melewati 6 kecamatan, dimana di setiap
kecamatan, penduduknya akan dan memberi semangat para peserta lari
melalui tampilan kesenian musik maupun budaya.

Kita menikmati juga treknya yang tidak biasa, karena jalur lari sengaja dipilih melintasi kampung adat berusia ratusan tahun, persawahan, pemukiman kampung adat bahkan tempat pemakaman kuno yaitu obyek-obyek wisata seperti: Suaya, Tampang Allo, Bebo dan
Kete’ Kesu Yang menjadikan Toraja Marathon semakin spesial adalah
lomba kategori 21KM dan 42KM akan berlangsung di dua kabupaten Toraja

Berbeda dengan Toraja Marathon 2016, di tahun 2017 ini start dan finish line akan mengalami rotasi, dimana untuk 21 KM dan 42 KM, starting line bertempat di Lapangan Rantepao atau di Kesu Toraja Utara dan finish line bertempat di Kolam Makale, Tana Toraja. Untuk 5KM dan 10KM, starting line dan finish line bertempat di Kolam Makale, Tana Toraja,

Pihak Penyelenggara, PT Laga Toraja Mendunia bekerja sama dengan Running Explorer sebagai Race Managament, didukung oleh pemerintah provinsi, kedua kabupaten, dan aparat keamanan telah secara intensif untuk memberikan kenyamanan dan keamanan yang maksimal untuk para peserta lari Toraja Marathon maupun lai

yang berkunjung pada saat kegiatan dilaksanakan. Begitu juga dengan tim medis yang sudah dipersiapkan untuk bersiaga di beberapa titik sepanigan rute lari.

Beberapa lintasan/rute yang melalui jalan poros akan mendapat pengamanan berlapis dari pihak keamanan.

Kakak Angkat utk Bakat Lari (CSR Program) Toraja Marathon 2017 juga akan memperlombakan 10K Race Kategori Pelajar SMP & SMA.

10 sekolah dari Kabupaten Tana Toraja dan 10 dari Toraja Utara akan mewakilkan
masing-masing 3 atlit sekolahnya untuk berlomba. Program sosial sebagai kontribusi dari komunitas lari nasional akan memberikan kesempatan kepada 60 pelari muda ini untuk mendapatkan sepatu lari dan bimbingan support melalui program “Kakak Angkat Untuk Bakat Lari” Perjalanan ke Toraja

Pihak Penyelenggara bekerja sama dengan Mega Permai Tours & Travel memberikan kemudahan-kemudahan dalam merencanakan perjalanan peserta, secara umum ada 2 transportasi yang direkomendasi untuk perjalanan dari Makassar ke Toraja maupun Sebaliknya. (Lpt8/iqbal)