Kirab Prestasi Pelajar 2017 Warnai Peringatan Hardiknas

LIPUTAN8.COM — Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini di Sulawesi Selatan dikemas berbeda.

Selain kirab prestasi pelajar se Sulawesi Selatan, juga digelar Kirab 1018 pataka sekolah SMA/SMK/SLB se Sulsel serta penyalaan obor abadi pelajar Sulsel di sepanjang Jalan Sudirman, Makassar. Senin, (01/05/2017).

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir melepas kirab pelajar ini. Sebanyak 24 perwakilan siswa Kabupaten/Kota se-Sulsel menyalakan obor kemudian disatukan, obor tersebut kemudian dinyalakan oleh SYL.

Obor ini akan dibawa berkeliling kota Makassar dan nantinya akan tetap menyala pada monumen obor abadi di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Obor abadi ini akan disemayamkan di Diknas Sulsel, sebagai simbol bahwa semangat pelajar Sulsel harus menyala-nyala dan mencapai cita-cita setinggi-tingginya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Irman YL.

Sementara itu dalam sambutannya sebelum melepas kirab, SYL mengatakan, pembangunan yang ada pada suatu daerah akan tertinggal jika pendidikannya tertinggal.

“Kalau pendidikan merosot tunggu daerah tersebut akan hancur, pendidikan segalanya,” sebut SYL.

“Hadirnya kirab ini sebagai bentuk komitmen emosional di Sulsel. Apa yang dilakukan Irman Yasin Limpo lebih maju dan modern apa yang dimiliki sebelumnya dan Sulsel tidak boleh kalah dengan daerah lain,” lanjut SYL.

Sebanyak 5000 peserta berpartisipasi yang terdiri dari perwakilan 24 kabupaten kota di Sulsel. Setiap kabupaten kota mengirimkan 100 perwakilan serta Institute Pelayaran dan IPDN. (mri)