Ketua PKK Indira Panen Terong di Kecamatan Tallo

LIPUTAN8.COM — Jika di kecamatan Biringkanaya digelar panen cabe, lain lagi di kecamatan Tallo. Di daerah tersebut, Ketua TP PKK Kota Makassar, Ny Indira Yusuf Ismail merasa bangga dan puas melihat ratusan buah terong yang tumbuh subur di kebun BULo (Badan Usaha Lorong) di halaman Kantor Kecamatan Tallo Jl AR Hakim, Makassar.

Ketua PKK Indira datang dan berkunjung ke lokasi BULo Kecamatan Tallo untuk melihat pertumbuhan tanaman hidroponik sekaligus panen perdana buah terong hasil BULo.

Jenis tanaman terong menjadi idola warga, karena masa tanam atau panennya relatif cepat yaitu sekitar 21 hari.

Bercocok tanam sayur terong tersebut dilakukan dengan sistem hidroponik yang tidak terlalu memakan tempat.

“Luar biasa, cabe dan terong hasil BULo di kecamatan Tallo tumbuh subur. Kita berharap budidaya cabe dan sayur mayur terus dikembangkan untuk menambah kebutuhan pangan dan pendapatan masyarakat lorong,” harap Indira.

Dijelaskannya, menanam dengan sistem hidroponik sangat efisien dan mudah karena tidak memerlukan lahan yang luas sehingga media tanam bisa ditaruh di pagar, teras, atau tempat sempit lainnya.

“Kegiatan ini cocok untuk warga di permukiman padat, ibu rumah tangga, dan pensiunan. Hasil panen, minimal bisa dinikmati sendiri bersama warga sekitar sehingga tidak terpengaruh saat harga sayuran naik,” cetusnya.

Sementata Camat Tallo Zaenal A.Takko menjelaskan, panen perdana buah terong ini ditanam melalui sistem hidroponik dalam mendukung program BULo di Kecamatan Tallo.

Beberapa keunggulan hidroponik, lanjut Camat Zaenal di antaranya ramah lingkungan, hemat air karena penggunaan air hanya 1/20 dari tanaman biasa, dapat ditanam di mana saja bahkan di garasi dan tanah berbatu.

Selain itu juga dapat ditanam kapan saja karena tidak mengenal musim, pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas hasil tanaman juga terjaga.

“Selain membangun green house, kami juga sudah membekali semua Koptanrong dengan pelatihan pengembangan hidroponik,” terangnya. (rls)