Polda Sulsel Sisir Kampung Sapiria, 11 Orang Diamankan, 7 Positif

LIPUTAN8.COM — Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan kembali melakukan penggerebakan di Kampung Sapiria kelurahan Lembo Kecamatan Tallo Makassar, Kamis (20/4/2017).

Penggerebakan di ‘ Kampung Narkoba’ ini melibatkan personil Satuan Narkoba Polda Sulsel, Sabhara, Brimob, Propam Polda Sulsel dan Anjing pelacak atau K9. Hasilnya, 11 orang terduga pelaku penyalagunaan narkotika diamankan polisi.

Direktur Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Eka Yudha Satriawan mengungkapkan, 11 yang diamanakan bersama barang buktinya. Setelah dilakukan pemeriksaan urine kata Eka, ada 7 orang positif baik Amfetamin dan metavitamin, sementara empat orang lainnya masih dalam pemeriksaan.

“Ada 11 orang yang kita amankan dari lokasi penggerebakan, hasil pemeriksaan urine 7 orang dinyatakan positif, “Kata Direktur Narkoba Polda Sulsel Kombes Pol Eka Yudha Satriawan saat menggelar rilis di Mapolda Sulsel, Kamis (20/4/2017).

Dari data yang berhasil dihinpun, ke tujuh orang yang dinyatakan positif adalah, Nurlina , Diky, Andi, Dg. Naba, Sahar, Amir dan Nur Alam. Sementara empat orang lainnya yang negatif adalah Saharuddin alias Dewa, perempuan Sania, dan Herman Parenrengi.

” Ada empat yang negatif setelah dilakukan pemeriksaan urine, namun untuk Herman Parenrengi tidak ditemukan barang bukti dan tes urinenya memang negatif, tapi dia terindikasi dan akan tetap kita lakukan penyelidikan, ” Tambah Eka Yudha sapaan akrab Dir Narkoba Polda Sulsel.

Untuk Herman Parenrengi, Kata Eka Yudha, pihaknya akan melakukan penyelidikan.Diketahui pelaku Herman Parenrengi juga pernah ditangkap dan di sidik Polda Sulsel beberapa tahun lalu dengan barang bukti 7 gram, namun berjalan proses hukumnya, ia kemudian lepas dalam arti proses penuntutan dikenakan rehab karna sebagai pengguna atau pemakai, sementara tuntutan dari pihak kepolisian adalah sebagai pengedar.

” Untuk pelaku Herman kita tetap akan melakukan pemeriksaan, karna ia terindikasi. Ia juga pernah kita tangkap, namun lepas karna proses penuntutannya adalah sebagai pemakai dan dia hanya di rehab, semetara tuntutan kita pada saat itu adalah sebagai pengedar, ” Tambahnya.

Selain mengamankan 11 orang pelaku dari’ Kampung Narkoba’ polisi juga mengamankan beberapa barang bukti seperti puluhan senjata tajam, alat komunikasi, alat isap sabu atau bong dan beberapa saset sabu.
Berikut Kronologi Penggerebakan: Satuan Narkoba Polda Sulsel bersama tim gabungan menerjungkan sedikitnya 130 personil yang juga di backup anjing pelacak atau K9 Polda Sulsel menyisir kampung Sapiria Kelurahan Lembo Kecamatan Tallo Makassar, Kamis (20/4/2017) dini hari.

Penggeledahan di kampung Sapiria merupakan Operasi Antik Polda Sulsel dari 130 personil yang diterjungkan kemudian di bagi dalam 8 kelompok atau tim. ( Bur)